Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 13 Sep 2022 21:20 WIB

TRAVEL NEWS

Amerika Akhirnya Kembalikan Artefak Curian Rp 282 Miliar ke Italia

Artefak bersejarah akan dikembalikan ke Italia
Foto: Artefak curian akan dikembalikan ke Italia (AP)
New York -

Amerika Serikat akhirnya mengembalikan artefak bersejarah curian dengan nilai total mencapai US$ 19 juta (setara Rp 282 Miliar) ke negara asalnya, Italia.

Total ada 58 buah artefak bersejarah yang akan dikembalikan ke Italia. Rencana tersebut diungkapkan oleh Kantor Kejaksaan Wilayah Manhattan. Semua artefak itu kini dalam ruang sitaan, karena semuanya adalah barang bukti tindak pidana pencurian.

Artefak-artefak itu dicuri dari tempat asalnya di Italia kemudian diselundupkan masuk ke Amerika Serikat. Kini, otoritas setempat merasa sudah selayaknya artefak itu kembali pulang ke rumahnya.

"Kami sangat merasa terhormat untuk mengembalikan artefak ini kembali ke rumahnya di Italia," ujar Lisa DelPizzo, Kepala Divisi Pidana Kejaksaan Manhattan.

Sebanyak 21 buah artefak disita dari Museum Seni Metropolitan New York pada awal bulan September ini. Penyitaan itu dilakukan oleh tim gabungan dari Kepolisian New York dan Kejaksaan setempat.

"Benda-benda antik yang akan kami kembalikan ini dirampas dari negara asalnya untuk diselundupkan melintasi perbatasan oleh mereka yang berharap keuntungan. Para penjarah mengambil harta berharga ini dari Italia dan mengimpornya ke Amerika Serikat," ujar Michael Alfonso, perwakilan Departemen Dalam Negeri AS.

Salah satu artefak paling berharga yang akan dikembalikan ke Italia adalah bagian kepala dari patung Athena. Artefak ini diperkirakan dijarah dari sebuah kuil di Italia Tengah. Artefak itu sendiri ditaksir bernilai US$ 28 juta (setara Rp 416 Miliar).

Namun menurut Roberto Riccardi, Kepala Perlindungan Warisan Budaya Italia, artefak itu sangat tak ternilai harganya. Begitu juga dengan artefak-artefak lainnya.

"Saya berterima kasih kepada otoritas Amerika Serikat atas kerja sama mereka. Saya punya perasaan yang baik, bahwa objek ini akan kembali ke masyarakat, ke siswa-mahasiswa, ke anak-anak muda agar mereka tahu dari mana mereka berasal, bagaimana sejarah kami dan identitas kami," ujar Riccardi.

Setelah dokumen repatriasi ditandatangani, artefak-artefak curian itu akan segera dikirim pulang ke Italia. Selain itu, artefak-artefak curian dari Mesir juga akan dikembalikan ke negara asalnya.



Simak Video "Wujud Harta Arkeologi Langka yang Ditemukan di Gaza"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA