Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 13 Sep 2022 22:25 WIB

TRAVEL NEWS

Putri Anne Jaga Peti Ratu Elizabeth II, Perempuan Pertama Ikuti Tradisi Ini

Yasmin Nurfadila
detikTravel
EDINBURGH, SCOTLAND - SEPTEMBER 12: King Charles III, Prince Edward, Duke of Wessex, Princess Anne, Princes Royal and Prince Andrew, Duke of York hold a vigil at St Giles Cathedral, in honour of Queen Elizabeth II as members of the public walk past on September 12, 2022 in Edinburgh, Scotland. The Queen’s four children attend to stand vigil over her coffin where it lies in rest for 24 hours before being transferred by air to London. (Photo by Jane Barlow - WPA Pool/Getty Images)
Raja Charles III bersama Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward saat melakukan penjagaan peti mati. oto: Getty Images/WPA Pool
Edinburgh -

Sebelum diterbangkan ke London, peti jenazah Ratu Elizabeth II diistirahatkan di Katedral St. Giles, Skotlandia. Di sana peti tersebut dijaga oleh keempat anaknya.

Keluarga kerajaan Inggris memiliki sebuah tradisi kuno yang disebut dengan Vigil of the Princess, yaitu tradisi 'penjagaan' sebagai bagian dari upacara pemakaman. Sesuai dengan namanya yang mengandung kata Princes atau pangeran-pangeran, tradisi ini biasanya hanya dilakukan oleh para pria.

Akan tetapi, ada yang berbeda pada tradisi Vigil of the Princes dalam rangkaian pemakaman Ratu Elizabeth II. Di Katedral St Giles, Edinburgh, Skotlandia, peti mati sang Ratu tak hanya dijaga oleh ketiga anak laki-lakinya, Raja Charles III, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward. Anak perempuan Ratu, Putri Anne juga turut serta dalam tradisi penjagaan peti mati ini.

Dilansir dari metro.co.uk, keempat anak Ratu Elizabeth II memposisikan diri mereka di setiap sudut peti untuk berjaga selama proses Vigil. Keterlibatan Putri Anne dalam prosesi ini menjadikannya perempuan pertama yang berpartisipasi.

Dalam video yang diunggah metro, tampak keempat anak serta para penjaga yang terlibat melalui prosesi ini dengan khidmat dan sarat akan kesedihan. Suasana di dalam gereja juga tampak hening dan berat bagi yang menyaksikan.

Dilaporkan tradisi penjagaan ini berlangsung selama sepuluh menit. Setelah prosesi selesai, rombongan keempat anak Ratu Elizabeth II itu kembali ke kawasan Royal Mile untuk menginap selama semalam di Edinburgh sebelum bertolak ke London hari ini, Selasa (13/9).

Pada Senin (12/9) petang, gereja yang terletak di ibukota Skotlandia itu sudah dipenuhi oleh masyarakat yang ingin menyaksikan langsung dan memberi penghormatan terakhir kepada peti mati mendiang Ratu mereka.

Pemerintah Kota Edinburgh bahkan mengingatkan masyarakatnya agar membawa perbekalan makanan dan minuman mengingat akan ada antrian panjang menuju tempat persinggahan terakhir Ratu Elizabeth II tersebut.

Salah seorang warga berusia 61 tahun mengaku telah mengantri sejak pukul 7 pagi. Ia langsung mengantri setelah menyelesaikan shift malamnya sebagai satpam di Universitas Edinburgh.

Ia menyadari bahwa ia akan sangat lelah. Namun menurutnya ini merupakan kesempatan berharga dan ia ingin memberikan penghormatan langsung kepada ratu yang telah mengabdikan hidupnya untuk negaranya.

"Tapi itu sepadan, dengan pengabdiannya pada negara, kepada kita, kepada orang-orang, dan kepada negara-negara persemakmuran. Paling tidak yang bisa saya lakukan adalah memberinya beberapa hari waktu saya untuk mengucapkan selamat tinggal," ujarnya seperti dikutip Metro.



Simak Video "Sederet Warisan dari Ratu Elizabeth II untuk Raja Charles III"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Live Breaking News
×
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs Selengkapnya