Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 19 Sep 2022 15:45 WIB

TRAVEL NEWS

Bandara Soekarno-Hatta Tersibuk di ASEAN, Sejak Pagi Sudah Ramai

Putu Intan
detikTravel
Keramaian Bandara Soekarno Hatta
Keramaian di Bandara Soekarno-Hatta Senin (19/9) pagi. (Putu Intan/detikcom)
Jakarta -

Meski tiket mahal, antusiasme penumpang naik pesawat agaknya tak kendor. Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang misalnya, tetap saja dipadati penumpang.

Dari pantauan detikcom, Senin (19/9/2022) mobilitas penumpang di Bandara Soetta terlihat ramai sejak pagi. Salah satunya di Terminal 2D untuk keberangkatan domestik, antrean penumpang check-in tampak dari pukul 06.30 WIB.

Terminal ini melayani penerbangan maskapai Batik Air dan Lion Air. Konter-konter check-in dipenuhi penumpang yang akan terbang ke berbagai destinasi seperti Surabaya, Denpasar, Medan, hingga Pontianak.

Geliat di Bandara Soetta sebenarnya tidak mengagetkan mengingat bandara ini yang menjadi gerbang keluar-masuk penumpang dari dan ke Jakarta dan sekitarnya. Sebagai salah satu bandara di bawah nauangan PT Angkasa Pura II (Persero), bandara ini memang dikenal sibuk.

Dilansir dari situs AP II, lalu lintas udara memang kian pulih seiring terkendalinya COVID-19. AP II menyebut kondisi penerbangan tahun ini lebih baik dibandingkan 2020 dan 2021.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, lalu lintas penerbangan pada 2022 meningkat secara berkelanjutan sejak awal tahun. Jumlahnya mencapai rata-rata kumulatif 4 juta orang per bulan pada kuartal I 2022.

Sementara itu, pada kuartal II 2022, jumlah penumpang AP II meningkat signifikan menjadi rata-rata 5,3 juta penumpang per bulan. Faktor pemicunya adalah mudik Lebaran.

Dari seluruh bandara yang dikelola AP II, Bandara Soetta memang menonjol. Bandara ini bahkan menjadi yang tersibuk di ASEAN pada September 2022 versi Official Airline Guide (OAG), penyedia data penerbangan global yang berbasis di Inggris.

Kapasitas kursi penerbangan di Bandara Soetta mencapai 2,96 juta kursi. Bandingkan dengan Bandara Changi di Singapura yang kapasitas kursinya 2,08 juta kursi.

Rute Jakarta - Denpasar dengan kapasitas kursi penerbangan sebanyak 600.248 kursi bahkan menempati peringkat 9 dalam daftar Top 10 rute domestik tersibuk di dunia pada September 2022.



Simak Video "Mesin Bermasalah Usai Take Off, Lion Air JT330 Putar Balik"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA