Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 21 Sep 2022 11:40 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Penumpang yang Satu Pesawat dengan Pangeran Harry Saat Ratu Wafat

Tim detikcom
detikTravel
Britains Kate, Princess of Wales, from left, Prince William, Meghan, Duchess of Sussex and Prince Harry stand in Westminster Hall after participating in the procession of the coffin of Queen Elizabeth, London, Wednesday, Sept. 14, 2022. The Queen will lie in state in Westminster Hall for four full days before her funeral on Monday Sept. 19. (AP Photo/Gregorio Borgia, Pool)
Foto: Pangeran Harry dan Megan Markle (AP/Gregorio Borgia)
London -

Seorang penumpang menceritakan kondisi Pangeran Harry ketika berada di dalam pesawat begitu Ratu Elizabeth II diberitakan meninggal dunia. Bagaimana kisahnya?

Pangeran Harry menjadi salah satu yang meninggalkan Istana Balmoral, Skotlandia setelah sang Ratu tutup usia. Putra bungsu Raja Charles itu naik penerbangan pertama British Airways dari Bandara Internasional Aberdeen menuju Bandara Heathrow di London, Inggris.

"Dia nyaris tak bergerak selama penerbangan satu jam penuh dan sangat jelas mengenang nenek tercintanya," ujar salah satu penumpang, seperti diberitakan The Sun beberapa waktu lalu.

"Sangat menyedihkan melihatnya tanpa anggota keluarga kerajaan lain menghiburnya. Saya sangat berharap kematian Ratu membantu memulihkan keretakan mereka," imbuh penumpang yang tidak disebutkan identitasnya tadi.

Pangeran Harry berada di Bandara Aberdeen sekitar pukul 08.20 pagi waktu setempat dan terlihat sempat dihibur oleh pekerja maskapai penerbangan sebelum naik ke dalam pesawat.

Pangeran Harry dan Meghan Markle selama ini diketahui menetap di California, AS. Namun mereka kebetulan sedang berada di Inggris untuk rangkaian acara amal.

Kala itu, Harry mendapat kabar mengenai kondisi kesehatan Ratu Elizabeth II yang mengkhawatirkan. Mereka lalu membatalkan jadwal menghadiri WellChild Awards di London.

Pasangan suami istri tersebut kemudian mengatakan bakal terbang ke Skotlandia bersama. Namun, Harry pada akhirnya terbang sendiri untuk ke Istana Balmoral, Skotlandia.

Sumber internal kerajaan mengatakan Charles selaku ayah meminta anak bungsunya itu tidak mengajak Meghan Markle ke Istana Balmoral. Sumber itu juga mengatakan Harry menolak ikut rombongan keluarga kerajaan, yakni Pangeran William, Pangeran Andrew, Pangeran Edward dan istrinya, Sophie, yang terbang dengan jet Dassault Falcon.

Sehingga, Harry harus mencari pesawat lain menuju Skotlandia sendiri. Harry dilaporkan baru tiba di wilayah Balmoral pada pukul 19.52 waktu Skotlandia - sekitar 90 menit setelah Istana mengumumkan Ratu Elizabeth II telah meninggal dunia.

Waktu kunjungan Harry di Balmoral pun tak berlangsung lama. Ia menjadi anggota keluarga kerajaan pertama yang terlihat meninggalkan Istana Balmoral setelah kematian Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9).

Berdasarkan laporan dari The Guardian, Pangeran Harry sudah tiba di Bandara Internasional London Heathrow pada Jumat (9/9) sekitar pukul 11.32 waktu setempat.

Di tengah situasi tersebut. Charles yang menjadi Raja tak lupa menyebutkan Harry dan Meghan Markle dalam pidato nasional pertamaya di layar kaca pada Jumat (9/9).

"Saya menyampaikan cinta untuk Pangeran Harry dan Meghan ketika mereka terus melanjutkan hidup di luar negeri," kata Raja Charles III.

Pada Senin (12/9), Pangeran Harry menyampaikan sederet ucapan manis sebagai perpisahan dengan neneknya, Ratu Elizabeth II, yang meninggal pada Kamis (8/9).

Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan pihak Istana Buckingham, Senin (12/9), Harry mengatakan dirinya bersyukur atas segala momen yang dihabiskan bersama neneknya itu.

"Nenek, sementara perpisahan terakhir ini membawa kesedihan besar kami, aku selamanya berterima kasih atas semua pertemuan pertama kita. Terima kasih atas komitmenmu untuk mengabdi, terima kasih segala bimbingannya, terima kasih atas senyummu yang menular," tulis pernyataan Harry.

"Kami, juga, tersenyum mengetahui bahwa Nenek dan Kakek [Pangeran Philip] kini kembali bertemu, dan bersama-sama dalam kedamaian," pungkasnya.



Simak Video "Antrean Membeludak Warga yang Ingin Melayat Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA