Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 21 Sep 2022 13:40 WIB

TRAVEL NEWS

Bule-bule yang Naik Motor di Bali Itu Punya SIM Nggak Sih?

Triwidiyanti
detikTravel
Tempat usaha sewa motor di Jalan Bakung Sari, Kuta
Foto: Rental motor di Bali (Triwidiyanti/detikcom)
Badung -

Bagi yang sering traveling ke Bali pasti sudah biasa menjumpai turis bule naik motor sewaan. Sebenarnya, mereka itu punya Surat Izin Mengemudi (SIM) nggak sih?

Salah satu pemilik usaha rental motor di Jalan Bakung Sari, Kuta, Wayan Suarsana memberikan syarat yang terbilang cukup longgar kepada turis bule yang jadi pelanggannya. Untuk para penyewa turis asing atau warga negara asing (WNA), tetap bisa sewa motor meski tidak mengantongi SIM internasional.

"Aturannya kita sih seharusnya WNA punya itu SIM Internasional, tapi kalau nggak punya SIM silakan jalan," ujar pria yang mengaku kini hanya memiliki 13 motor dari 32 motor ini akhir pekan lalu.

Hal ini demi usahanya tetap berjalan seperti di masa pandemi saat ini. Selain wajib mengantongi SIM dan KTP bagi tamu lokal, katanya untuk tamu WNA syarat yang dibebankan lumayan cukup ketat.

Turis asing wajib memberikan paspor asli, dan pembayaran bisa cash and carry (domestik).

"Itu kalau mau ya, email, nomor hp, tempat tinggal (hotel stay di mana) bayar deposit Rp 2 juta. Nanti kalau misalnya motor selesai baru sisa uang sewa diambil," katanya.

Karena lebih memilih penyewa turis asing, persentase penyewa motornya pun dari dahulu hingga kini hampir 95 persen didominasi turis asing, sementara sisanya turis lokal.

"Ya kebanyakan tamu asing, saya tetap pilih-pilih kalau tamu terutama tamu lokal," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, usaha jasa penyewaan atau rental motor di Bali saat ini tengah disorot, menyusul adanya keluhan dari traveler yang merasa didiskiriminasi karena tidak diperbolehkan menyewa motor, lantaran tempat rental hanya menerima turis bule.

Belakangan terungkap alasannya, mengapa tempat rental motor di Bali lebih memilih turis Bule. Itu karena turis lokal lebih 'nakal'. Motor sewaan milik pengusaha rental sering dibawa kabur.


----

Artikel ini telah naik di detikBali dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Apa Bedanya e-SIM dan Kartu SIM Biasa? "
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA