Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 22 Sep 2022 19:41 WIB

TRAVEL NEWS

Dear Traveler, Jangan Lakukan 9 Hal Ini di Bali

Tim detikcom
detikTravel
Ilustrasi pariwisata Bali
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Belakangan ini banyak terdengar kabar bule berbuat onar di Bali. Ketahui dulu larangan-larangan di Bali ini supaya kamu tidak mencoreng pariwisata Bali.

Keindahan Bali memang tidak diragukan lagi, bahkan dunia pun mengakuinya. Jadi jangan heran jika Bali selalu masuk ke dalam destinasi favorit dunia.

Namun, rupanya tidak semua turis yang singgah di Bali memahami aturan di sana. Sebaliknya, tidak sedikit turis yang bertindak sesukanya hingga melukai perasaan orang Bali.

Padahal, Bali memiliki aturan dan adat yang kuat. So, penting sekali bagi turis untuk menghormati aturan di sana.

Berikut hal-hal yang dilarang dilakukan traveler selama di Bali.

1. Keluar Rumah Saat Nyepi

Hari besar keagamaan di Bali seperti Nyepi tentu patut dihormati oleh para turis. Saat hari itu tiba, turis juga tidak boleh berkeliaran atau keluar rumah, seperti yang dilakukan masyarakat lokal.

Kamu cukup membeli stok makanan untuk sehari lalu jangan keluar rumah ketika Nyepi, apalagi sampai berulah di jalanan.

2. Tidak Sopan di Area Sakral

Jangan sampai mendapat masalah di Bali karena kamu dianggap kurang sopan, terutama ketika berada di tempat-tempat suci dan sakral di Pulau Dewata.

Kamu mesti menjaga perilaku dan tidak menodai kesucian tempat suci di Bali, karena bukan mustahil jika melakukannya kamu bisa mendapat kecaman keras sampai diusir dari Bali. Misalnya jangan masuk kawasan pur saat sedang datang bulan. Atau berpakaian seksi di kawasan tempat inadah juga tidak boleh dilakukan.

3. Melangkah atau Menginjak Sesajen

Saat berada di Bali, kamu akan melihat banyak sesajen atau canang di sekitar lingkungan, yang sengaja diletakkan oleh masyarakat setempat. Itu merupakan budaya Bali yang harus dihormati, sehingga kamu mesti tahu aturannya.

Sebab sesajen atau canang itu tidak boleh dilangkahi, diinjak, atau dirusak oleh siapapun. Kalau itu terjadi, kamu berarti dia menghormati budaya Bali dan bersikap sembarangan.

4. Sembarangan Masuk Area Suci

Sekali lagi, kesopanan selama di Bali benar-benar mesti dijaga terutama bagi kalian yang pendatang. Kamu harus teliti melihat-lihat sekitar, karena bisa saja kamu tidak sengaja masuk ke area suci di Bali.

Jangan sembarangan masuk ke area suci atau masuk tanpa izin. Beberapa kawasan di Bali dilarang dimasuki orang lain karena kesuciannya, dan aturan itu mesti kita patuhi.

5. Buang Air Kecil Sembarangan

Buang air kecil di pohon merupakan tindakan yang dilarang di Bali. Kamu tidak boleh sembarangan memilih tempat untuk buang air kecil, usahakan mencari toilet terdekat untuk melakukan kegiatan itu.

Bukan hanya perkasa kesucian, tetapi buang air kecil sembarangan juga menyangkut perilaku tidak sopan dan mengotori lingkungan di Bali.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA