Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 11 Okt 2022 20:10 WIB

TRAVEL NEWS

Dunia di Ambang Resesi: Semua Harga Naik, Termasuk Minuman Favorit Ini

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Cara membuat es kopi susu pakai kopi instan
Ilustrasi kopi susu. Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Krisis global tengah menghadang, hampir semua negara alami inflasi. Harga kebutuhan terus meningkat drastis, termasuk harga minuman favorit semua orang: Kopi.

Inggris alami krisis parah hingga sebabkan banyak orang menderita terkena dampaknya. Banyak negara yang mata uangnya melemah hingga turun ke level terendah. Indonesia pun tak ketinggalan. Harga berbagai barang kebutuhan terus meningkat tajam.

Dampak dari meningkatnya biaya energi yang kemudian ditambah dengan perang Ukraina terus terasa. Di Eropa bahkan inflasi sudah merambah ke harga barang dan jasa yang sifatnya non-esensial.

Salah satu bahan favorit banyak orang juga ikut terdampak dan naik harganya secara drastis. Bahan yang dimaksud adalah kopi. Dilansir dari NLTimes, beberapa negara Eropa sudah mengalami kenaikan harga kopi sejak satu tahun yang lalu. Namun, kenaikan yang terjadi di tahun ini lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Bahkan Belanda menjadi salah satu negara dengan kenaikan harga kopi paling tinggi di antara negara-negara Eropa lainnya. Berdasarkan perhitungan Eurostat, harga retail kopi di Eropa naik sebesar 22 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Di Belanda sendiri, kenaikan harga kopi ini terjadi 7 persen lebih cepat dibanding kenaikan yang terjadi di Eropa secara keseluruhan. Namun Belanda bukanlah negara dengan kenaikan paling tinggi.

Rekor kenaikan harga paling cepat dan paling tinggi dipegang oleh Finlandia dengan kenaikan sebesar 44 persen lebih tinggi dari tahun lalu. Kemudian disusul oleh Lithuania, Swedia, Estonia, Hungaria, dan Latvia yang masing-masing setidaknya mengalami kenaikan sebesar 30 persen, menurut Eurostat.

Harga kopi dengan gula atau susu bahkan meningkat jauh lebih tajam. Di Belanda terjadi kenaikan harga gula dan susu sebesar 13 dan 19 persen dalam satu tahun. Nilai ini masih tergolong rendah jika dibandingkan negara Eropa lainnya.

Di Polandia harga gula naik dengan sangat drastis dalam kurun waktu satu tahun. Mereka mengalami kenaikan harga gula hingga 109 persen. Sementara di Hungaria, Lithuania, dan Kroasia harga susu justru yang meningkat dengan lebih tajam.



Simak Video "Sentilan Jokowi ke Pejabat yang Libur ke Luar Negeri Lalu Pamer di IG"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA