Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 11 Okt 2022 11:13 WIB

TRAVEL-TIPS

Saran agar Bisa Tidur Nyenyak di Pesawat, Hindari 2 Minuman Ini

Femi Diah
detikTravel
Portrait of a Latin American woman traveling by plane wearing a facemask and sleeping onboard
Ilustrasi tidur dalam pesawat Foto: Getty Images/andresr
Jakarta -

Novelis sohor Kevin Kwan blak-blakan soal dua minuman yang tidak pernah diminumnya di dalam pesawat. Dia juga membeberkan alasannya.

Kevin, penulis novel Crazy Rich Asians, dan diangkat menjadi film populer beberapa tahun lalu, memiliki banyak pengalaman traveling. Bepergian naik pesawat sudah jadi kegiatan rutinnya.

Nah, dalam penerbangan berulang kali itu Kwan semakin memahami hal-hal yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan dalam penerbangan. Termasuk soal minuman.

"Saya benar-benar mencoba untuk tidur di pesawat, terutama saat harus terbang ke negara-negara Asia. Saya tidak minum alkohol karena saya pikir itu benar-benar membuat Anda dehidrasi," dalam wawancara dengan CN Traveler dan dikutip The Sun, Selasa (11/10/2022).

Merujuk studi, alkohol bisa menyebabkan dehidrasi. Dan, karena pesawat juga memiliki dampak dehidrasi pada tubuh manusia, penumpang akan kehilangan cairan yang sangat dibutuhkan jika mereka tetap mengonsumsi wine atau bir saat berada di udara.

Selain minuman keras, Kevin juga menghindari minum kafein. Dia bilang kopi bukan minuman yang biasanya dipilihnya.

Menurut studi, minuman berkafein memiliki efek yang sama pada tubuh seperti alkohol selama penerbangan. Minum kopi sebelum penerbangan dapat menyebabkan lebih sering ke kamar mandi. Imbasnya, badan akan dehidrasi lebih cepat.

Kafein juga dapat menyebabkan sakit kepala dan insomnia. Kondisi itu tidak ideal jika traveler mencoba untuk tidur selama penerbangan.

"Saya juga tidak mengonsumsi kafein sama sekali. Saya memiliki ritual," ujar Kevin.

"Saya akan menunggu untuk makan dan saya akan selalu mencoba untuk menonton film yang pernah saya lihat sebelumnya saat saya sedang makan. Dan kemudian saya akan pergi tidur," ujar dia.



Simak Video "Simak Aturan Perjalanan Terbaru Bepergian dengan Pesawat!"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA