Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 02 Okt 2022 07:31 WIB

TRAVEL NEWS

Sebaiknya, Traveler Pilih Penerbangan Pagi atau Waktu Lain?

Femi Diah
detikTravel
Sejumlah penumpang pesawat berjalan sambil membawa barangnya setibanya di Terminal 2 Domestik Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (7/5/2022). PT Angkasa Pura II mencatat pada H+4 lebaran sebanyak 79.763 penumpang tiba di Bandara Soekarno Hatta dengan 464 pergerakan pesawat. ANTARA FOTO/Fauzan/tom.
Foto: ANTARA FOTO/FAUZAN
Jakarta -

Penerbangan pagi boleh dibilang menjadi waktu terfavorit buat traveler. Rupanya, itu memang waktu paling oke untuk naik pesawat.

Dikutip dari FiveThirtyEight, penerbangan pagi memiliki keunggulan salah satunya kemungkinan untuk tertunda lebih kecil dibandingkan dengan penerbangan sore dan malam hari.

Pemilihan jadwal terbang di pagi hari bisa meminimalkan potensi keterlambatan pesawat. Traveler disarankan untuk memilih keberangkatan sebelum jam 8 pagi. Seiring makin siang maka waktu delay meningkat dan mencapai puncaknya sekitar pukul 18.00.

Pesawat dengan jadwal penerbangan pagi bisa lebih tepat waktu karena lalu lintas udara yang sepi. Wilayah udara cenderung tidak ramai di pagi hari, lantaran semua penerbangan di hari-hari sebelumnya telah lama mendarat.

Situasi itu mengakibatkan pesawat menumpuk dan menunggu lepas landas. Imbasnya, pengontrol lalu lintas udara mulai menunda keberangkatan dan pendaratan.

Penerbangan pagi dinilai lebih sip juga karena penumpang tidak perlu melihat bandara yang tengah sibuk.

Selain terhindar dari penundaan penerbangan, jadwal pesawat pagi hari dikatakan tidak terlalu rentan terhadap turbulensi. Dikutip dari National Severe Storms Laboratory, sebagian besar badai petir cenderung terjadi pada sore hari.

Tak hanya itu, beberapa maskapai pesawat juga sering kali menjual penerbangan pertama mereka di pagi hari dengan harga yang lebih murah daripada penerbangan di sore dan malam hari. Hal ini lantaran penumpang lebih memilih untuk tidur di dalam penerbangan.

Editor Airliner World, Gordon Smith, menyebut dengan memilih penerbangan jadwal pagi, kamu bisa terhindar dari kejadian drama penerbangan yang tidak terduga.

Kendati penerbangan malam hari dianggap terasa lebih nyaman, namun itu lebih berisiko. Sebab, jika terjadi penundaan penerbangan dari jadwal penerbangan sebelumnya maka terakumulasi di malam hari.

Nah, jika memilih penerbangan pagi, tentu ada hal lain yang mesti dilakukan. Cobalah untuk bangun lebih pagi untuk mendapatkan kenyamanan dan menghindari kesengsaraan dalam penerbangan kamu.



Simak Video "Penumpang Pesawat Domestik Enggak Perlu Tes Antigen-PCR, Tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA