Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 30 Sep 2022 06:12 WIB

TRAVEL-TIPS

Pesan Pramugari: Jangan Asal Pegang Flush Toilet, Nyender di Jendela Pesawat

Femi Diah
detikTravel
Ilustrasi Jendela Pesawat
Ilustrasi jendela pesawat (iStock)
Jakarta -

Seorang pramugari mengingatkan agar penumpang tidak menyentuh bagian-bagian tertentu di dalam pesawat. Katanya sih kotor banget.

Covid-19 seolah sudah menjadi masa lalu, tetapi pramugari ini mengingatkan bahwa kuman di pesawat tetap berpotensi menimbulkan penyakit andai penumpang tidak berhati-hati.

Pramugari dengan akun Tiktok Tommy Cimatro itu mengingatkan para wisatawan untuk tidak sembarangan memegang atau menyentuh bagian tertentu di pesawat. Di antaranya, tombol flush di toilet pesawat.

Dia menyebut bagian pesawat itu sangat tidak higienis dan sangat kotor. Agar tetap bisa nyaman, dia menyarankan penumpang untuk mengambil selembar tisu saat menyentuhnya. Kalau pun terlanjur memegang tanpa tisu, penumpang wajib untuk mencuci tangan setelahnya.

Selain bagian toilet, Tommy mengingatkan bahwa tempat duduk penumpangsejatinya tidak benar-benar bersih. Tommy menyarankan agar penumpang memakai celana panjang selama penerbangan.

"Seperti jendela pesawat, kita tidak pernah tahu kapan kursi itu terakhir dibersihkan dan bagaimana ulah penumpang sebelumnya," kata Tommy.

Ya, jendela pesawat. Bagian jendela pesawat juga dinilai sebagai satu spot kotor. Sebab, kita tidak pernah tahu berapa banyak orang yang telah bersandar di sana sebelumnya. Bukan tidak mungkin, penumpang sebelumnya meneteskan air liur di jendela saat tidur sambil bersandar.

Tommy juga menyertakan dua tips lain saat naik pesawat agar perjalanan lebih nyaman. Dia mengingatkan penumpang untuk minum air setidaknya sekitar 470ml per penerbangan. Dia bilang udara kering di kabin bisa bikin penumpang berisiko lebih tinggi mengalami dehidrasi.

Selain itu, wisatawan yang terbang ke luar negeri harus membiasakan diri dengan pramugari.

"Jangan takut untuk memberi tahu mereka jika Anda merasa sakit," katanya.

Pengguna TikTok merespons video Tommy. Sebagian besar terkejut dengan betapa tidak higienisnya pesawat.

"Jangan menghirup udara, itu didaur ulang," ujar salah satu pengguna TikTok.

"Bukankah mereka membersihkannya setelah setiap penerbangan?" tanya seorang pramugari lainnya.

Tommy bilang bahwa pesawat memiliki jadwal dibersihkan, tetapi langkah itu cukup penting sebagai usaha preventif untuk berjaga-jaga kalau-kalau pesawat terlewat dibersihkan.



Simak Video "Wanita Ponorogo Ini Banting Setir dari Pramugari Jadi Wirausaha Plafon"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA