Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 12 Okt 2022 11:44 WIB

TRAVEL NEWS

Cantiknya Wajah Baru Taman Pesona Pangandaran

Wajah baru Taman Pesona Pangandaran.
Foto: Aldi Nur Fadillah/detikJabar
Pangandaran -

Taman Pesona Pangandaran bersolek jadi makin cantik. Wajah barunya ini diharapkan dapat menggaet lebih banyak wisatawan.

Taman yang terletak di samping Pasar Penanjung itu kini dilengkapi peta spot tourism Pangandaran. Selain itu, informasi yang dikemas dalam tembok peta sport tourism memberikan lokasi 15 objek wisata yang ada di Pangandaran.

Ada delapan tembok informasi yang menambah keindahan taman pesona Pangandaran. Kedelapan tembok itu dilengkapi dengan lampu penerang yang cantik, sehingga meskipun malam hari akan tetap terlihat.

Sebagaimana diketahui, Taman Pesona Pangandaran merupakan bangunan yang didirikan di atas tempat pembuangan akhir (TPA) Pangandaran pada tahun 2018. Pemerintah Kabupaten Pangandaran waktu itu menyulap TPA yang kumuh menjadi sebuah taman yang indah.

Meskipun saat itu sepi dan hanya menjadi lokasi yang terlihat terbengkalai. Setelah menambah ornamen taman dan dimanfaatkan pedagang, kini setiap menjelang sore pasti ramai.

Pantauan detikJabar pada Senin (10/10/2022) sore WIB di Taman Pesona Pangandaran. Tembok informasi Taman Pananjung mulai mengeluarkan cahaya.

Gambar dalam tembok yang sebelumnya merupakan foto Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran periode 2016-2020. Sementara gambar lainnya hanya pemandangan objek wisata di Pangandaran.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah limbah dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran, Wagiso mengatakan, Taman Pesona Pangandaran itu sengaja diganti gambar pada temboknya atas permintaan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata.

"Karena sudah lama terbengkalai dan gambar dalam tembok taman sudah lusuh, maka diganti dengan gambar baru," kata Wagiso kepada detikJabar.

Menurutnya gambar informasi spot tourism untuk mempermudah wisatawan yang backpakeran ke Pangandaran. Selain dekat dengan Terminal Pangandaran, pengendara yang masuk Pangandaran sudah pasti melewati jalur Taman Pasar Pangandaran.

Taman Pesona Pangandaran di bagian timur terdapat deretan pedagang. Jika sore para pedagang sudah mulai memenuhi ruas jalan samping taman. Selain itu ada penyewaan skuter mini, mainan anak, dan game anak yang bikin betah anak bermain.

"Tahun sekarang Taman Pesona Pangandaran terpilih menjadi lokasi kreativitas anak," ucapnya.

Warga Pangandaran Dede (32) mengatakan, Taman Pesona Pangandaran sudah bagus. Tapi Pasar Pananjung di sampingnya belum juga direlokasi. Ia berharap pemda bisa menyeimbangkan estetika keindahan dengan kenyamanan penghuni taman.

"Padahal tamannya sudah indah, tapi sayang pasarnya terlihat kumuh dan bau di sebagian sudut," ucapnya.

Artikel ini sudah tayang di detikJabar.



Simak Video "Bersantai Sambil Menikmati Senja di Pantai Pangandaran"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA