Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 12 Okt 2022 19:11 WIB

TRAVEL NEWS

Rumah Si Pitung Bertarung dengan Banjir Rob Marunda

Putu Intan
detikTravel
Rumah Si Pitung
Rumah Si Pitung. Foto: Pradita Utama/detikcom
Jakarta -

Berada di Marunda, Jakarta Utara, cagar budaya Rumah Si Pitung tak luput dari terjangan banjir rob. Pengelola berusaha menanggulangi dampaknya agar bangunan tetap kokoh.

Banjir rob atau banjir pasang surut air laut memang kerap melanda Marunda. Ketika detikTravel datang ke sana, tampak permukiman warga yang memang langsung berbatasan dengan laut lepas.

Di sana terlihat tembok-tembok yang berfungsi untuk menghalau ombak. Mangrove juga ada tetapi jumlahnya tak cukup untuk melindungi permukiman dari terjangan air laut.

Rumah Si Pitung Ditutup untuk PemeliharaanRumah Si Pitung Ditutup untuk Pemeliharaan. Foto: Pradita Utama/detikcom

Salah satu lokasi yang beberapa kali terdampak banjir rob ini adalah Rumah Si Pitung. Rumah bersejarah yang juga menjadi destinasi wisata Marunda ini pernah diterjang banjir terparah pada 2021.

Pemandu Rumah Si Pitung, Tama menceritakan kala itu air masuk sampai ke dalam kawasan Rumah Si Pitung. Saat itu, warga setempat juga heran air laut bisa sampai masuk ke tengah kawasan itu.

"Dibilang parah karena biasanya air masuk tidak sampai ke dalam kawasan. Tapi tinggi airnya hanya sebetis saja, tidak sampai sepinggang," kata dia.

Rumah Si Pitung Ditutup untuk PemeliharaanRumah Si Pitung Ditutup untuk Pemeliharaan. Foto: Pradita Utama/detikcom

Tama menjelaskan masuknya air laut ke kawasan Rumah Si Pitung memang bukan hal baru. Akan tetapi datangnya air laut itu tak dapat diprediksi.

"Tergantung pasang air laut. Kalau pagi-pagi tiba-tiba naik tapi sebentar. Biasanya malam juga suka naik tapi cepat surut," ujarnya.

Melihat kondisi ini, Kepala Unit Pengelola Museum Kebaharian Jakarta, Mis Ari menjelaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah dinas terkait untuk menanggulangi banjir rob di Rumah Si Pitung.

"Kami koordinasi dengan dinas terkait untuk meninjau, mengatasi rob yang ada di lingkungan kami. Pernah datang tim dari dinas terkait membuat beberapa titik resapan," ujarnya.

Rumah Si Pitung Ditutup untuk PemeliharaanRumah Si Pitung Ditutup untuk Pemeliharaan. Foto: Pradita Utama/detikcom

Selain itu, ia juga meminta pemangku wilayah agar ketika memperbaiki jalan tidak lebih tinggi dari kondisi tanah atau area di dalam Rumah Si Pitung. Tujuannya agar banjir tidak mengalir ke sana.

Mis Ari tak menampik terjangan banjir rob adalah risiko yang harus dihadapi Rumah Si Pitung. Sebelumnya, rumah panggung itu juga tidak setinggi sekarang. Upaya meninggikan bangunan juga dilakukan demi terhindar dari banjir rob.

"Mau tidak mau memang tidak bisa terhindar dari rob. Tapi paling tidak durasi robnya tidak terlalu lama maka sudah bisa surut," katanya.



Simak Video "Langkah yang Diambil untuk Cegah Banjir Rob di Kawasan Rumah Si Pitung"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA