Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 15 Okt 2022 18:38 WIB

TRAVEL NEWS

Isu Ibu Kota Jabar Pindah, Ridwan Kamil Tegaskan Tetap di Bandung

Sudirman Wamad
detikTravel
Aerial view of Gedung Sate, Bandung, West Java, Indonesia with beautiful sky and city landscape. Old Historical building with art decoration style, Governor Office
Foto: Getty Images/iStockphoto/Ismail Rajo
Jakarta -

Beredar isu ibu kota Jawa Barat pindah ke Tegalluar. Namun Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepis isu tersebut.

Ridwan Kamil menegaskan yang bakal dipindahkan bukanlah ibu kota, melainkan pusat pemerintahan. Ridwan Kamil mengatakan pusat pemerintahan itu bakal disatukan dengan pusat pertumbuhan ekonomi anyar di kawasan Tegalluar, Kabupaten Bandung.

Ridwan Kamil mengingatkan hal itu masih dalam bentuk wacana. "Bukan pemindahan ibu kota, tapi wacana penyatuan pusat pemerintahan. Jadi jangan pakai sebutan ibu kota karena itu jelas berbeda," kata Ridwan Kamil dalam keterangan yang diterima detikJabar, (15/10/2022).

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan ibu kota Jabar tetap di Kota Bandung. Namun, pusat pemerintahannya diwacanakan bakal berkumpul di tiga kawasan yang dinilai potensial, yaitu Tegalluar, Walini dan Kertajati.

"Jadi Ibu Kota Jabar tetap Bandung, tapi pusat pemerintahan kantornya berkumpul di tiga kawasan potensial, yaitu Tegalluar karena pusat pertumbuhan, Walini dan Kertajati," katanya.

Tegalluar dinilai paling potensial. Kawasan ini merupakan titik akhir pemberhentian Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Tegalluar dinilai strategis karena jadi simpul beberapa ruas jalan tol dan pusat ekonomi lainnya.

"Potensi Tegalluar bagus karena simpulnya di situ, hendak ke Cisumdawu di situ, ke Jakarta, Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya), kereta cepat juga di situ. Jadi kawasan ini sangat strategis. Dari situ ke Stadion GBLA juga tinggal menyeberang, ke Masjid Al Jabbar cuma lima menit," kata Kang Emil.

Ia mencontohkan, Ibu Kota Malaysia, yaitu Kuala Lumpur, pusat pemerintahannya berkumpul di Putrajaya. "Seperti Malaysia, ibu kotanya tetap Kuala Lumpur, pusat pemerintahannya berkumpul di Putrajaya," ujar Kang Emil.

Namun demikian, wacana pemindahan pusat pemerintahan Jabar tersebut perlu dikaji lebih dalam dan mendapat persetujuan dari berbagai pihak. "Ini belum diputuskan, hanya kemarin Pak Presiden menanyakan, saya jawab belum pasti karena harus dimusyawarahkan," kata Kang Emil.

Artikel ini sudah yang di detikJabar.



Simak Video "Beredar Kabar RK Bakal Gabung Golkar, NasDem Singgung Komitmen"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA