Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 15 Okt 2022 19:44 WIB

TRAVEL NEWS

Istana Buckingham Direnovasi, Raja Charles Baru Bisa Pindah 5 Tahun Lagi

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Istana Buckingham biasanya sering terdengar ketika ada kabar yang berkaitan dengan keluarga kerajaan Inggris. Sebenarnya apa fungsi dari istana ini ya?
Istana Buckingham. Foto: Getty Images
Jakarta -

Istana Buckingham yang jadi kediaman raja atau ratu Inggris tengah direnovasi dan baru akan selesai lima tahun lagi. Kini Raja Charles tinggal di 3 tempat ini.

Raja Charles III yang kini memimpin Kerajaan Inggris seharusnya pindah dan tinggal di Istana Buckingham. Mengingat istana ini merupakan kediaman sekaligus kantor bagi raja atau ratu Inggris.

Sayangnya hingga lima tahun ke depan Raja Charles dan Permaisuri Camilla belum bisa tinggal di Istana Buckingham. Sebab saat ini istana itu tengah mengalami renovasi.

Dilansir dari The Sun, Istana Buckingham sedang mengalami renovasi besar-besaran. Biaya renovasinya mencapai 369 juta poundsterling atau sekitar Rp 6,4 triliun.

Renovasi ini merupakan program perbaikan yang dilakukan tiap sepuluh tahun. Perbaikannya termasuk pemasangan kabel-kabel baru, pemasangan pipa, hingga pemanas.

Sebagian besar dari area di istana ini tidak akan bisa ditempati hingga 2027. Meski begitu, Raja akan tetap menggunakan istana ini sebagai tempatnya bekerja.

"Perbaikan ini sangat terlambat dari jadwal, tapi pemimpin kerajaan seharusnya tinggal di Istana Buckingham. Itu adalah jantung kerajaan di London. Jika tidak (diisi) itu berisiko hanya menjadi sebuah destinasi wisata," kata salah seorang sumber, seperti dikutip The Sun.

Karena renovasi ini, dilaporkan Raja Charles akan menempati tiga rumah ini dalam kesehariannya. Selama tiga hari dalam seminggu, pasangan raja dan permaisuri ini akan tinggal di Clarence House yang berjarak 365 meter dari Istana Buckingham.

Kemudian mereka akan berada di Kastil Windsor selama dua hari sisanya. Sedangkan saat akhir pekan mereka akan menghabiskan waktu di Sandringham.

Raja Charles dan Permaisuri Camilla sebelumnya memang tinggal di Clarence House. Mereka sudah menempati kediaman itu sejak tahun 2003.

Sementara di Kastil Windsor, Charles juga memiliki ruangan yang selalu ia tinggali. Selama satu tahun belakangan Charles setidaknya menempati kastil ini selama satu hari dalam seminggu sejak sang Ibu mengalami masalah mobilitas.



Simak Video "Akankah Pangeran Harry Hadiri Penobatan Raja Charles?"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA