Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 16 Okt 2022 11:47 WIB

TRAVEL NEWS

Triangle Diamond: Destinasi Wisata Unggulan Banyuwangi, Ada Apa Saja?

Ardian Fanani
detikTravel
Blue Flame di Kawah Ijen Banyuwangi
Blue flame di Kawah Ijen. Foto: Ardian Fanani/detikJatim
Banyuwangi -

Bupati Banyuwangi sebut tiga destinasi unggulan di Banyuwangi sebagai Triangle Diamond. Apa saja ketiga destinasi tersebut?

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani buka-bukaan mengenai kebijakan di sektor pariwisata. Mulai dari pemilihan konsep hingga pemanfaatan momentum untuk memperkenalkan Banyuwangi sebagai salah satu kabupaten tujuan wisatawan domestik hingga mancanegara.

Ipuk ungkapkan hal ini dalam acara Njagong Bareng detikJatim yang digelar secara live di Instagram, Jumat malam (14/10/2022). Salah satu poin yang ia jelaskan adalah mengenai destinasi wisata unggulan di Banyuwangi.

Menurut Ipuk, Banyuwangi sebenarnya memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dan diunggulkan. Namun dari sekian banyak, Banyuwangi memilih tiga destinasi unggulan yang disebut dengan Triangle Diamond.

"Triangle Diamond itu adalah Kawah Ijen, Sukomade dan Alaspurwo. Tiga destinasi ini sudah dikenal wisatawan mancanegara dan domestik. Kami merekomendasikan 3 lokasi ini menjadi jujugan wisata di Banyuwangi," kata Ipuk.

Kawah Ijen dipilih karena merupakan satu-satunya destinasi yang menawarkan blue flame. Kawah terasam di dunia ini menjadi jujugan wisatawan mancanegara karena memiliki kawah unik berwarna hijau tosca.

"Lokasi ini juga dikenal dengan Sunrise yang cantik saat berada di atas gunung," katanya.

Sementara Sukamade adalah lokasi penyu bertelur di ujung selatan Kabupaten Banyuwangi. Di destinasi ini, wisatawan bisa melihat langsung serta belajar mengenai penyu.

"Sukamade itu rumah bagi penyu bertelur. Hamparan pasir putih menjadi lokasi edukasi penting tentang penyu. Banyak wisatawan mancanegara yang rela datang ke Selatan Banyuwangi untuk melihat langsung penyu bertelur," ujarnya.

Sedangkan Alas Purwo dipilih karena merupakan magnet bagi wisatawan yang hobi selancar. Alas Purwo dikenal memiliki pantai yang indah. Salah satunya yaitu pantai Plengkung yang diminati oleh wisatawan bakat minat khusus untuk para peselancar internasional.

"Lokasi surfing dengan ombak terbesar kedua setelah Hawaii. Sepanjang tahun wisatawan mancanegara menghabiskan waktu untuk bermain surfing di Plengkung," tambahnya.

Selain itu, Alas Purwo juga menjadi habitat bagi lebih dari 700 flora serta ribuan fauna di Taman Nasional Alas Purwo. Tak sampai di situ saja, Alas Purwo juga kerap jadi salah satu destinasi wisata ziarah karena menjadi lokasi beberapa petilasan.

"Dari tiga destinasi unggulan ini kami mencoba memperluas lagi dengan potensi lainnya. Seperti Pantai Pulau Merah, Pantai Wedi Ireng, Pantai Cemara dan masih banyak lagi. Ada juga pendakian Gunung Raung hingga masih banyak lagi," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di detikJatim. Baca selengkapnya di sini.



Simak Video "Menikmati Segelas Kopi Hangat Dengan Pemandangan Indah Gunung Raung, Bondowoso"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA