Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 21 Okt 2022 08:41 WIB

TRAVEL NEWS

Bukan Sembarang Pesawat, Boeing 747 Jadi Peluncur Roket

Cosmic Girl dari Virgin Orbit
Pesawat Cosmic Girl dari Virgin Orbit (Foto: CNN)
Jakarta -

Virgin membuat pesawat Boeing 747 sebagai peluncur roket. Tujuannya adalah ke luar angkasa.

Melansir, CNN Jumat (21/10/2022), penduduk wilayah terpencil Inggris, Cornwall, menyaksikan sebuah pesawat yang sangat istimewa terbang rendah di atas kepala. Bandara Newquay, bandara terbesar ke-29 lokasinya.

Ini bukan sembarang pesawat. Juga bukan Boeing 747 biasa, seperti yang terlihat dari tanah. Itu adalah Ratu Langit yang dirancang ulang untuk perlombaan ke luar angkasa.

Armada itu melakukan penerbangan percobaan sebelum peluncuran ruang orbital pertama Inggris pada bulan depan. Dan Boeing 747 itu akan lepas landas dari Spaceport Cornwall, yang berbagi landasan pacu reguler dengan bandara sepanjang 1,7 mil.

Cosmic Girl, demikian nama pesawat itu. Itu adalah pesawat dari layanan Virgin Orbit untuk meluncurkan tujuh satelit ke luar angkasa.

Cosmic Girl dari Virgin OrbitRoket Cosmic Girl dari Virgin Orbit (Foto: CNN)

Boeing 747, sebuah pesawat jumbo eks penumpang yang masuk dalam layanan Virgin Atlantic hingga 2015. Pesawat itu telah dimodifikasi untuk membawa LauncherOne, roket buatan California yang akan melayang ke orbit Bumi.

Bulan depan, Cosmic Girl akan lepas landas dari landasan pacu tebing Newquay dengan LauncherOne di bawah sayapnya. Begitu Boeing 747 mencapai 34.000 kaki, ia akan melepaskan roketnya.

Di dalamnya akan ada tujuh muatan, atau satelit, yang akan mulai mengitari planet di orbit rendah Bumi.

Dalam sebuah percobaan pada tahun lalu, roket dilepaskan dari bawah sayap kiri 747. Roket itu bisa melesat hingga 17.000 mil per jam saat meluncur ke luar angkasa.

Menggunakan 747 untuk peluncuran horizontal memungkinkan jangkauan orbit yang lebih luas daripada sistem peluncuran tradisional di darat. Acara ini akan menjadi peluncuran ruang orbital pertama untuk Inggris dan peluncuran internasional pertama untuk Virgin Orbit, menurut perusahaan.



Simak Video "Spesifikasi Pesawat Air Force One yang Bawa Joe Biden ke KTT G20 Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA