Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 23 Okt 2022 07:40 WIB

TRAVEL NEWS

Eropa Tengah yang Dambakan Kedatangan Wisatawan Indonesia

Syanti Mustika
detikTravel
Program Discover Central Europe
Foto: (dok Istimewa)
Jakarta -

Eropa Tengah punya banyak daya tarik untuk dikunjungi. Mulai dari bangunan-bangunan bersejarah, alam hingga budayanya. Banyak destinasi wisata yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia yang bisa ditemukan di sana.

Kini Republik Ceko, Slovakia, Polandia dan Hongaria yang dikenal sebagai Visegrad Group atau V4 mengadakan promosi ke Indonesia untuk mengajak para wisatawan dari Nusantara mengunjungi negara-negara di kawasan 'Central Europe' ini.

Melalui program Discover Central Europe, V4 yang juga dikenal dengan sebutan 'Kuartet Eropa' memiliki akar tradisi, peradaban dan budaya yang sama sehingga keempat negara ini memilik semangat kebersamaan untuk berpromosi bersama.
Untuk itu Discover Central Europe mengadakan event perdana mereka dengan konsep B2B partner dengan menghadirkan 10 seller dari V4 dan buyer sebanyak 70 perusahaan dari Indonesia, di Westin Hotel Jakarta pada 17 Oktober 2022. Kegiatan B2B partner tersebut menghadirkan berbagai perusahaan baik itu travel agent, DMC, hotel dan maskapai penerbangan.

Artur Pielaszek, Deputi Direktur Marketing Department-Polan Tourism Organization menjelaskan bahwa, event B2B ini bertujuan untuk brand awareness dan interest market terhadap pariwisata di Polandia, Hongaria, Republik Ceko dan Slovakia.

"Kawasan Eropa Tengah adalah daerah tujuan wisata yang aman. Wisatawan dapat berkunjung dengan mudah dari satu negara ke negara yang lain dalam aliansi negara V4, berkat jarak yang dekat dan jaringan transportasi yang baik," ujarnya dalam rilis yang diterima detikcom, Jumat (21/10/2022).

Masing-masing negara anggota V4 memiliki keunikannya sendiri, baik itu di bidang arsitektur, seni, agama, cerita rakyat dan tradisi atau alamnya :

1. Republik Ceko

Ceko dikenal sebagai jantungnya Eropa. Dengan peninggalan kastil-kastil bersejarah, wisatawan dapat mengikuti tur sejarah sambil melihat istana-istana, pendekat pedang , bahkan hantu, jika beruntung.

Kota Praha, sang Ibu kota, dapat dinikmati dengan duduk-duduk santai di kafe-kafe sambil menikmati masa lalu yang hidup di jaman moderen, atau berjalan-jalan melihat keindahan gereja-gereja tua bergaya Baroque. Ceko juga dikenal dengan wisata Spa dengan sumber mata air yang mengalirkan air yang mengandung banyak mineral dan bisa dipakai untuk pengobatan, sambil menikmati arsitektur bergaya Art Nouveau dengan desainnya yang khas.

2. Slovakia

Bratislava adalah ibu kota sekaligus pintu gerbang negara Slovakia. Memiliki kesamaan dengan saudara tuanya yang dulu satu negara yaitu Ceko, Slovakia juga dikenal dengan bangunan-bangunan bersejarahnya.

Namun yang menjadi daya tariknya, Slovakia merupakan rumah bagi gua-gua alam dan taman-taman nasional yang keindahannya menakjubkan. Selain itu Slovakia juga dikenal memiliki cadangan air yang melimpah, tak heran kalau Slovakia memiliki banyak destinasi taman wisata air ( aqua parks) dengan seluncurannya dan selancar dengan ombak buatan.

Tak cuma itu, Slovakia dikenal sebagai destinasi kuliner dengan makanan khas dengan biji Poppy dan kebun - kebun anggurnya.

3. Polandia

Polandia negara yang memiliki sejarah yang panjang namun bertemu dengan teknologi yang moderen. Warsawa, ibu kotanya adalah kota metropolitan di jantung Eropa, dengan pusat-pusat kebudayaan kontemporer dan pusat pendidikan. Namun namun begitu, Warsawajuga dikenal dengan wisata sejarahnya dengan bangunan kuno, kastil-kastil dan gereja bergaya Gotik yang berusia lebih dari 1000 tahun.

Polandia juga memiliki resor-resor pinggir laut di Utara dengan suasana pantai dan dermaga dengan pemandangan matahari terbenamnya, ditambah dengan kulinernya dari makanan laut segar yang menggugah selera. Polandia dikenal dengan negara yang penghijauan dimana-mana dan memiliki situs-situs alam di setiap sudutnya. Salah satu yang terkenal adalah Hutan Białowieża yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai tempat tinggal berbagai satwa liar yang hidup dengan bebasnya.

4. Hongaria

Hongaria dikenal sebagai negara yang memiliki gua air panas dan danau air panas terbesar di dunia. Makanya Hongaria dikenal sebagai destinasi wisata air panas dan spa. Saat dikuasai oleh Kesultanan Ottoman pada abad pertengahan, banyak dibangun pusat-pusat pemandian yang masih dilestarikan hingga dapat dikunjungi hingga sekarang.

Dengan ibu kota Budapest, Hongaria dikenal juga dengan peninggalan bangunan bersejarahnya seperti gereja dan kastil-kastil. Salah satunya yang terkenal adalah Gedung Parlemen yang dikenal sebagai Gedung terbesar di Eropa.

Hongaria juga dikenal sebagai penghasil minuman anggur legendaris. Banyak paket tur wisata kebun anggur dan festival digelar. Salah satu produk yang terkenal adalah Tokaj Azsu sebagai anggur yang memiliki rasa manis secara alami.

Traveler tertarik berkunjung ke mana nih?



Simak Video "PM Polandia Samakan Metode Perang Rusia Dengan Nazi"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA