Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 23 Okt 2022 09:54 WIB

TRAVEL NEWS

Hati-hati Batalkan Booking Restoran, Bisa-bisa Malah Diminta Bayar Mahal

Yasmin Nurfadila
detikTravel
15 Restoran Bintang Michelin Termahal di Dunia, Harga Menunya Rp 25 Juta!
Ilustrasi Restoran Bintang Michelin. Foto: Chef's Pencil
Jakarta -

Sebuah restoran Michelin-star men-charge pelanggannya sebesar 250 euro karena membatalkan pesanan mereka 30 menit sebelum waktu yang telah disepakati.

Dilansir dari Mirror UK, seorang pelanggan mengkomplain sebuah restoran Michelin-star di Irlandia setelah dikenai biaya 250 Euro (sekitar Rp 3,7 juta) karena membatalkan pemesanan mereka secara mendadak. Pelanggan tersebut menyebutkan bahwa mereka terpaksa membatalkan karena anak mereka harus dibawa ke rumah sakit.

Menanggapi komplain tersebut, pemilik restoran Baston yang terletak di Kinsale, County Cork, Irlandia itu mengeluarkan klarifikasi resmi secara tertulis. Co-owner restoran itu, Helen McDonald menjelaskan bahwa restoran tidak menerapkan charge atau biaya tersebut dengan sembarangan.

"Kami menagih Anda karena Anda memberi kami pemberitahuan pembatalan untuk dua orang dalam 30 menit (sebelum waktu yang sudah dipesan). Meja Anda kosong sepanjang malam dan makanan yang telah Anda dan istri Anda pesan akhirnya terbuang," kata Helen.

Restoran mewah berbintang Michelin tersebut hanya memiliki 12 meja dan hanya bisa menampung 36 pelanggan. Restoran bertabur penghargaan ini biasanya harus dipesan sejak jauh-jauh hari untuk mendapatkan meja.

Helen juga menambahkan bahwa pihak restoran telah menanyakan apakah pelanggan tersebut memiliki orang yang dapat menggantikannya. Namun pelanggan tersebut berkata tidak karena merasa tidak akan ada yang bisa datang secara tiba-tiba.

"Saya menelepon Anda kembali dan bertanya apakah Anda memiliki keluarga atau teman yang mungkin ingin memanfaatkan pemesanan untuk menghindari biaya pembatalan dan itu akan membantu kami memenuhi 12 tamu yang biasa kami terima setiap malamnya serta dapat berkontribusi pada suasana restoran," kata Helen

"Anda mengatakan tidak bahwa tidak ada orang yang dapat menggantikannya dalam waktu sesingkat itu, namun Anda merasa kami harus dapat mengisi kembali pemesanan Anda (dengan pelanggan lain) dalam waktu singkat, padahal Anda sendiri tidak dapat melakukannya," lanjutnya.

Helen kemudian menjelaskan bahwa pelanggan tersebut bahkan meminta untuk membayar biaya pembatalannya menggunakan voucher. Pihak restoran pun memenuhi permintaan tersebut.

Hal inilah yang membuat Helen kaget, karena pelanggan sendiri yang meminta untuk menggunakan voucher. Tetapi setelah voucher itu digunakan, sang pelanggan malah mengajukan komplain dan membuat review buruk.

"Saya mengerti Anda memiliki kondisi darurat yang harus dihadapi pada malam tersebut, namun kami menerapkan aturan itu untuk semua tamu. Kami tidak memilih siapa yang akan kami kenakan biaya pembatalan karena menurut saya itu tidak adil," tutupnya.

Nah dari pengalaman pelanggan tersebut, bagi traveler yang telah mem-booking sebuah restoran dan berencana untuk membatalkannya dengan alasan apapun. Terutama jika di sebuah restoran mewah. Maka ada baiknya jika tidak melakukan pembatalan secara tiba-tiba, atau bisa mencoba mencari orang pengganti agar tak dikenai biaya pembatalan.



Simak Video "Kasodo, Upacara Adat Suku Tengger yang Masih Lestari, Probolinggo"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali Selengkapnya