Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 23 Okt 2022 17:15 WIB

TRAVEL NEWS

Candi Borobudur Pernah di Bom, Stupa Ada Tanda Bintang

Eko Susantoc
detikTravel
Petugas menunjukkan goresan tanda bintang penanda stupa yang pernah rusak akibat serangan bom di Candi Borobudur.
Tanda bintang di stupa Candi Borobuur (Eko Susanto/detikJateng)
Magelang -

Candi Borobudur punya masa lalu yang menyakitkan. Candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno ini pernah dibom oleh teroris.

Candi Borobudur merupakan bangunan peninggalan wangsa Syailendra. Kemegahan bangunan yang dibangun abad VIII sampai IX M tersebut pernah dibom pada 21 Januari 1985.

Dikutip dari laman Kemendikbud, pengeboman terjadi tak lama setelah pemugaran kedua Candi Boroudur.

Pemugaran pertama pada tahun 1907-1911, sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah Hindia Belanda. Sasaran pemugaran lebih banyak ditujukan pada bagian puncak candi yaitu tiga teras bundar dan stupa pusatnya. Sedangkan pemugaran kedua dilakukan tahun 1973-1983.

Stupa Candi Borobudur yang dulu pernah dibom pada 21 Januari 1985 sekarang diberi tanda. Foto diambil pada Jumat 8 Oktober 2022.Stupa Candi Borobudur yang dulu pernah dibom pada 21 Januari 1985 sekarang diberi tanda. Foto diambil pada Jumat 8 Oktober 2022. Foto: Eko Susanto/detikJateng

Selang dua tahun setelah pemugaran, tepatnya pada 21 Januari 1985 terjadi insiden pengeboman. Pengeboman tersebut mengenai stupa yang berada di candi ini.

"Dibom itu tahun 1985, kalau tanggal saya nggak begitu (pasti) tahunnya 1985. Sembilan (stupa rusak) dari 11 (stupa) karena ada yang belum meledak. Itu teman-teman tidak menyangka ada perbuatan semacam itu. Setelah ada meledak, ya dilakukan kembali penyambungan batu-batu yang pecah disambung kembali, kemudian dipasang kembali," kata Kepala Balai Konservasi Borobudur (BKB) Wiwit Kasiyadi saat ditemui di Candi Borobudur, Jumat (8/10).

Serangan dari teroris itu terjadi pada 1985. Tentu saja, saat itu penjagaan keamanan belum seketat saat ini.

Kalau dari luar, Candi Borodur nampak baik-baik saja. Tapi jika dilihat dengan detail, beberapa stupa masih memiliki jejak dari luka di masa lalu itu.

Stupa Candi Borobudur yang dulu pernah dibom pada 21 Januari 1985 sekarang diberi tanda. Foto diambil pada Jumat 8 Oktober 2022.Stupa Candi Borobudur yang dulu pernah dibom pada 21 Januari 1985 sekarang diberi tanda. Foto diambil pada Jumat 8 Oktober 2022. Foto: Eko Susanto/detikJateng

Stupa-stupa yang hancur ditandai dengan tanda bintang. Tanda ini masih ada hingga sekarang.

Tanda bintang diukir di bagian paling bawah. Bentuknya kecil namun bisa terlihat jika diperhatikan dari dekat.

Tetap berada di sana, tanda bintang ini seakan jadi pengingat bahwa Candi Borobudur harus dijaga dengan ketat, sehingga pengeboman tidak kembali terjadi.

***

Artikel ini telah tayang di detikJateng. Baca berita selengkapnya di sini.



Simak Video "Pengunjung Pertama Candi Borobudur Tahun 2023 Disambut Dua Gajah Cantik"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA