Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 26 Okt 2022 08:41 WIB

TRAVEL NEWS

Banyak Kuman, Inilah Tempat Paling Jorok di Bandara

bonauli
detikTravel
Ilustrasi mesin check-in di bandara
Ilustrasi mesin check-in (Jumana El Heloueh/Reuters)
Jakarta -

Bandara menjadi tempat berkumpulnya jutaan manusia yang melakukan perjalanan udara. Makanya, bandara pun mempunyai banyak spot berkuman.

Pandemi membuat kontak antar manusia berkurang. Penyemprotan disinfektan pun terus dilakukan untuk meminimalkan penyebaran virus.

Kini kebiasaan itu sudah mulai hilang. Kembali ke era sebelum pandemi, kontak kembali terjadi. So, waspadai sejumlah tempat ini saat traveler berada di bandara.

Dikutip dari The Sun, inilah sudut-sudut bandara yang paling banyak disentuh manusia dan sering jadi sarang kuman.

1. Kios check-in

Kios check-in memiliki layar sentuh yang digunakan untuk memudahkan penumpang untuk mencetak boarding pass. Setiap penumpang melewati, berdiri dan menyentuh area ini.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Insurance Quotes pada tahun 2018 mengukur jumlah unit pembentuk koloni (CFU) atau bakteri per inci persegi di beberapa area bandara yang digunakan dengan baik.

Rata-rata layar check-in mandiri ditemukan memiliki 253.857 CFU, dan satu layar check-in yang sangat kotor memiliki hitungan satu juta CFU per inchi persegi.

2. Baki keamanan

Sama seperti kios check-in, baki keamanan jadi benda yang pasti dipegang oleh semua calon penumpang di bandara. Penumpang meletakkan semua barang dan tas ke dalam baki.

Ini membuat baki sangat stategis sebagai wadah untuk bakteri. Apalagi bahan permukaan plastik menjadi tempat yang disukai oleh bakteri sebagai tempat kelangsungan hidup.

Sebuah artikel yang diterbitkan setelah sebuah penelitian yang dilakukan di bandara utama di Finlandia mengatakan, setiap baki keamanan dengan cepat didaur ulang dan berpotensi disentuh oleh beberapa ratus penumpang per hari.

"Baki keamanan plastik juga tidak berpori dan membuat kelangsungan hidup virus jadi berkepanjangan."

Para peneliti juga mengatakan bahwa baki keamanan tidak secara rutin didesinfeksi, sejauh yang mereka ketahui.

3. Toilet bandara

Toilet sudah jadi tempat berkumpulnya kuman. Toilet duduk sebenarnya relatif bersih, tapi tombol flush jadi cerita lain.

Sama seperti tombol toilet pesawat, tombol flush toilet bandara juga sangat jorok.

4. Water fountain

Water fountain atau air mancur khusus minum juga sangat rentan jadi sarang kuman. Dr Michael May, dari Klinik Wimpole, mengatakan air mancur bisa menjadi tempat berkembang biaknya kuman.

"Air mancur ini umumnya aman untuk diminum, namun permukaan di sekitar air mancur adalah apa yang ingin Anda hindari untuk disentuh, karena di situlah orang-orang sebelum Anda bisa bersin, batuk, atau bahkan meludah, yang menyebabkan virus," kata May.



Simak Video "Bandara Kertajati Mulai Dilirik Maskapai Luar Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA