Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 02 Nov 2022 22:20 WIB

TRAVEL NEWS

7 Poin Tuntutan Masyarakat Mandalika untuk ITDC, Apa Saja?

Pertemuan Masyarakat Mandalika dengan ITDC
Foto: Pertemuan masyarakat Mandalika dengan ITDC dan MGPA (dok.Istimewa)
Mandalika -

Perwakilan masyarakat Mandalika beraudiensi dengan ITDC dan MGPA guna membahas 7 poin tuntutan mereka untuk segera diselesaikan oleh kedua pihak tersebut.

Bertempat di Hotel Pullman Mandalika, telah dilangsungkan pertemuan antara Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dengan Kepala Dinas Pariwisata Lombok Tengah Lendek Jayadi, Ketua Mandalika Hotel Association (MHA) Syamsul Bahri, Ketua Karang Taruna Kecamatan Pujut Sri Anom Putra dan Ketua Solidaritas Warga Inter Mandalika (SWIM) Lalu Alamin.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut pertemuan antar stakeholder pariwisata di Mandalika yang telah dilakukan sebelumnya bersama Dinas Pariwisata Lombok Tengah. Dalam pertemuan tersebut, disampaikan 7 poin utama tuntutan warga Mandalika terhadap ITDC dan MGPA.

Taufan Rahmadi, Anggota Tim Monev dan Akselerasi KEK Pariwisata Kemenparekraf RI menjelaskan 7 Point Critical Succes Factor yang perlu untuk direalisasikan dalam waktu dekat.

"Pertama masalah Calender of Event. Calender of Event ini tematiknya bisa charity atau bisa bisnis, dimana di dalam Calender of Event itu melibatkan masyarakat lokal lebih dominan," ujar Taufan dalam keterangannya, Rabu (2/11/2022).

Pertemuan Masyarakat Mandalika dengan ITDCPertemuan Masyarakat Mandalika dengan ITDC Foto: (dok.Istimewa)

Tuntutan kedua adalah permasalahan lahan di dalam kawasan KEK Mandalika. Jangan sampai permasalahan lahan yang belum tuntas malah merusak citra ITDC maupun MGPA ketika menyelenggarakan event bertaraf internasional.

Selanjutnya adalah program pembangunan desa-desa penyangga KEK Mandalika. Usulan Community Development ini sungguh baik untuk menyejahterakan masyarakat di sekitar KEK Mandalika, namun memang butuh proses dan waktu yang tidak sebentar.

Tuntutan-tuntutan lainnya adalah mengenai kerjasama homestay dengan para pemilik homestay di sekitar kawasan KEK Mandalika, perluasan kesempatan bekerja bagi masyarakat lingkar Mandalika di beragam posisi di ITDC dan MGPA, serta yang terakhir dan terpenting adalah renovasi Masjid Nurul Bilad sebagai ikonnya Mandalika dan Lombok, Kota 1000 Masjid.

Sementara itu, Direktur Operasi ITDC, Troy Reza Warokka menyambut baik tuntutan masyarakat Mandalika itu. Dia mengatakan akan menindaklanjuti dan menelaah kembali segala harapan yang telah disampaikan masyarakat.

"Saya akan menindaklanjuti dan menelaah kembali segala harapan yang telah disampaikan, dengan menekankan kolaborasi untuk semua. Pertemuan ini bukanlah yang pertama dan terakhir, tetapi akan dilanjutkan dengan mengundang stakeholder-stakeholder lainnya seperti kepala desa, para guru dan seterusnya," ujar Troy.

Vice President Operations & Motosport MGPA, M Wahab menambahkan, dirinya mengapresiasi pertemuan ini dan akan memberikan atensi kepada harapan untuk semakin meningkatkan peran masyarakat di kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan oleh MGPA.



Simak Video "Sirkuit Mandalika Dibuka Untuk Umum, Segini Harga Tiketnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA