Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 05 Nov 2022 05:39 WIB

TRAVEL NEWS

Sejak Arab Saudi Buka Kembali, Peminat Umrah Membludak

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Hajar Ismail dan Hajar Aswad kembali dibuka.
Ilustrasi ibadah umrah. Foto: Dok. Haramain Sharifain/Twitter @hsharifain
Jakarta -

Penyelenggaraan umrah sempat terhenti selama dua tahun. Setelah dibuka kembali, peminatnya membludak hingga agen travel kewalahan.

Sejak Juli 2022 lalu, penyelenggaraan umrah sudah dibuka kembali oleh Kerajaan Arab Saudi. Setelah terhenti selama dua tahun, tentu pengumuman ini merupakan angin segar bagi para jemaah dan agen travel umrah.

Menurut salah satu agen travel haji dan umrah yang hadir dalam acara Amphuri Islamic Travel Expo di Trans Studio Mall Cibubur, setelah dibuka kembali permintaan umrah kini semakin banyak. Ia menyebut bahkan peminatnya jauh lebih tinggi dibanding sebelum masa pandemi.

Promo paket umrah di Amphuri Islamic Travel Expo, Trans Studio Mall Cibubur.Penyelenggaraan Amphuri Islamic Travel Expo di Trans Studio Mall Cibubur. Foto: Yasmin Nurfadila/detikTravel

"Untuk peminat umrahnya jauh lebih banyak daripada sebelum pandemi. Karena kan kemarin selama pandemi dua tahun itu bener-bener vakum enggak ada keberangkatan umrah. Jadi begitu dibuka musim umrah yang berminat untuk umrah itu membludak sekali," kata Staff Umi Tour & Travel Ica Khoirunnisa kepada detikTravel.

Ica juga menyampaikan bahwa travelnya kadang kewalahan dengan banyaknya peminat. Sering kali kuota keberangkatan pada jadwal tertentu sudah penuh ketika peminatnya masih banyak.

"Sampe kami juga kadang udah penuh seatnya sedangkan permintaan jemaah masih banyak gitu," dia menambahkan.

Ini menunjukkan bahwa peminat jemaah umrah pasca pandemi memang jauh lebih banyak. Sebab untuk jadwal keberangkatan umrah dari Umi Tour & Travel sendiri terbilang cukup banyak, yakni sekitar 5 sampai 6 keberangkatan dalam satu bulan.

"Satu tahun banyak sekali ya. Karena satu bulan aja kami bisa berangkatkan 5 sampe 6 grup di mana satu grup itu 45 paxx," kata Ica.

Kemudian untuk kisaran usia peminat umrahnya, Ica menyebutkan bahwa di travelnya rata-rata calon jemaah ada pada usia 30 hingga 50 tahun.

"Di Umi Travel itu jemaahnya kisaran 30-50 tahun. Paling banyaknya di range usia segitu," pungkasnya.



Simak Video "Kemenag soal Pria Sulsel Lecehkan Jemaah Umrah: Ada Saksi-CCTV"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA