Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 05 Nov 2022 22:06 WIB

TRAVEL NEWS

Begal Gunung Merbabu yang Meresahkan Itu Berhasil Ditangkap!

Jarmaji
detikTravel
Gunung Merbabu.
Foto: Gunung Merbabu (Jarmaji/detikJateng)
Boyolali -

Sempat viral beberapa waktu lalu ada begal di jalur pendakian Gunung Merbabu via Suwanting. Begal yang meresahkan para pendaki gunung itu akhirnya ditangkap.

"Alhamdulillah, Kamis (3/11) kemarin teman-teman dari basecamp dan resort berhasil mengajak turun (pelaku)," kata Koordinator Perlindungan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Yulianto, Jumat (4/11/2022) kemarin.

Yulianto menuturkan pihaknya langsung menelusuri di sekitar pos 3 jalur Suwanting Magelang usai mendapatkan laporan adanya begal. Pihaknya pun akhirnya menemukan terduga pelaku yang dinilai meresahkan itu.

Tak hanya itu, petugas juga melakukan penelusuran identitas dan asal-usul pria tersebut. Kemudian pada Kamis (3/11) kemarin petugas bersama rombongan basecamp jalur Suwanting naik untuk menangkapnya.

"Kemarin ada sekitar 16 orang dari basecamp waktu subuh itu naik ke atas, ke Pos 3. Sampai di Pos 3 sekitar pukul 10.30 WIB. Kemudian dimediasi, diajak turun, mau, Kemudian dibawa turun, sampai basecamp sekitar pukul 12.00-an (WIB)," jelas Yulianto.

Pria berinisial M yang berusia sekitar 30 tahun itu lalu dibawa ke kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasional wilayah II Tlogowanan, Magelang. Sebab, banyak masyarakat yang kesal dan geram dengan kelakuan M di jalur pendakian Merbabu itu.

Petugas Balai Taman Nasional Gunung Merbabu bersama masyarakat melakukan tindakan tegas membawa turun pelaku, karena kelakukannya sudah meresahkan pendaki.

Yulianto mengungkap M ini berkemah di sekitar Pos 3, sekitar 2 bulanan lamanya. Dia naik ke Pos 3 jalur Suwanting melalui jalur tidak resmi, yaitu melalui Tritis, Denokan, Wonolelo, Sawangan.

Selama berada di sekitar Pos 3 itu, M informasinya sering meminta logistik dan uang ke pendaki. Dia juga nekat mencuri sejumlah barang milik pendaki yang ditinggal naik ke puncak, bahkan tenda yang digunakan untuk pelaku berkemah disebut-sebut hasil dari mencuri milik pendaki.

"Itu kan sudah meresahkan juga, Suwanting jalur yang viral, jalur yang ramai (pendaki) saat ini. Kalau seperti ini kan juga berdampak ke pengelolaan di sana. Maka kemarin diinisiatif, kerja sama untuk menindaklanjuti (membawa turun pelaku)," imbuh Yulianto.


-----

Artikel ini telah naik di detikJateng dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Viral Tumpukan Sampah di Merbabu, Sampah Para Pendaki Gunung Diperiksa"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA