Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 06 Nov 2022 23:02 WIB

TRAVEL NEWS

PVBMG: Ancaman Tsunami 34 Meter di Selatan Jawa Bikin Panik-Resah

Sudirman Wamad
detikTravel
Poster
Foto: Ilustrasi tsunami (Edi Wahyono/detikcom)
Bandung -

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geodesi (PVMBG) menyebut pernyataan ahli ITB soal ancaman tsunami 34 meter di selatan Jawa itu bikin warga panik-resah.

Ahli bidang geodesi ITB Heri Andreas menyatakan adanya potensi tsunami setinggi 34 meter di pesisir selatan Pulau Jawa. PVMBG menilai pernyataan tentang potensi tsunami itu di selatan Pulau Jawa itu harusnya disampaikan secara hati-hati.

"Kalau langsung diinformasikan ke masyarakat akan berpotensi untuk mengakibatkan bencana, bencana kepanikan dan keresahan," kata Koordinator Geologi Gempa dan Tsunami PVMBG Supartoyo, Sabtu (5/11/2022).

Supartoyo juga mengatakan adanya informasi tentang potensi tsunami setinggi 34 meter yang beredar itu bisa menghambat sektor lainnya. Harusnya informasi itu bisa disampaikan pemerintah atau pemerintah daerah setempat.

"Jadi memang harus hati-hati. Jadi, nantinya pemerintah atau pemerintah daerah akan mendampingi untuk memberi info ke masyarakat," ucap Supartoyo.

Lebih lanjut, ia mengatakan pemerintah bakal menyampaikan informasi tentang sejumlah data, seperti karakteristik sumber pembangkit tsunami, soal pantai, kekuatan gempa, verifikasi data dan lainnya.

"Harusnya ke pemerintah dulu, setelah itu bisa ke masyarakat melalui pemerintah daerah," ucap Supartoyo.

Sebelumnya, ahli bidang geodesi ITB Heri Andreas menyatakan risiko tsunami setinggi 34 meter di pesisir selatan Pulau Jawa bisa terjadi berdasarkan beberapa penelitian para pakar. Ia juga punya pemodelan serupa yang menyebutkan ada risiko terjadinya tsunami akibat gempa megathrust.

Sebelumnya, muncul jurnal ilmiah yang diterbitkan online pada 30 Oktober 2022. Jurnal itu menerangkan potensi dari gempa bumi megathrust dan tsunami di pesisir selatan Jawa Barat dan tenggara Sumatera.

Di dalam artikel yang disusun Pepen Supendi dkk di Springer, dikatakan potensi ketinggian maksimum tsunami dari gempa bumi megathrust ini bisa mencapai 34 meter di sepanjang pesisir barat Sumatera bagian selatan dan pesisir selatan Jawa dekat semenanjung Ujung Kulon.

"Kalau itu kan sudah banyak yang meneliti, salah satunya Mas Pepen. Saya juga bikin pemodelan. Dari data dan pemodelan, risikonya memang ada di situ (tsunami 34 meter)," kata Heri Andreas saat dikonfirmasi via sambungan telepon, Kamis (3/11/2022).


----

Artikel ini telah naik di detikJabar dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "BMKG Minta Waspadai Gempa Jember, Berpotensi Picu Tsunami"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA