Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 07 Nov 2022 16:31 WIB

TRAVEL NEWS

Traveler Hati-hati, Cuaca Jogja Diperkirakan Ekstrem 3 Hari ke Depan

Tim detikcom
detikTravel
Tugu Pal Putih Yogyakarta bebas dari kabel listrik, Rabu (16/12/2020)
Yogyakarta (Foto: Agus Septiawan/detikcom)
Jakarta -

Traveler yang sedang berlibur di Yogyakarta diimbau untuk berhati-hati. Karena, cuaca di sana selama tiga hari ke depan diperkirakan berlangsung ekstrem.

BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem di wilayah Jogja atau Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tiga hari ke depan, Selasa (8/11)-Kamis (10/11). Berikut ini penjelasan BMKG.

"Prospek cuaca ekstrem tiga harian di wilayah DIY berlaku tanggal 8-10 November 2022," kata Kepala Stasiun Meteorologi Jogja, Warjono, dalam keterangannya, Senin (7/11/2022).

Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini, di antaranya anomali suhu muka laut harian maupun mingguan di sekitar perairan Jawa terpantau positif yakni +0.5 s/d +2.5°C, Indeks ENSO di Nino 3,4 bernilai -0.75 dan Indeks IOD bernilai -0.54 yang berarti signifikan terhadap peningkatan hujan di wilayah Indonesia.

Serta didukung adanya pusat tekanan udara rendah di Samudra Hindia sebelah barat Sumatra, dan wilayah konvergensi di sebagian besar wilayah Jawa, memicu peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah D.I Yogyakarta.

Analisis profil vertikal kelembapan udara, relatif tinggi mencapai >80% serta labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap peningkatan pembentukan awan hujan di wilayah D.I Yogyakarta.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode tanggal 8-10 November 2022 dapat terjadi di wilayah DIY sebagai berikut:

8 November 2022

Kota Jogja, Sleman, Kulon Progo, Gunungkidul, dan Bantul bagian utara.

9 November 2022

Kota Jogja, Sleman, Gunungkidul, Kulon Progo bagian utara, dan Bantul bagian utara.

10 November 2022

Kota Jogja, Sleman, Kulon Progo, Bantul bagian utara, dan Gunungkidul bagian utara.

"BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," jelasnya.

Artikel ini sudah tayang di detikJateng



Simak Video "Potensi Cuaca Ekstrem Hingga Langkah Antisipasi BNPB"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA