Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 10 Nov 2022 09:04 WIB

TRAVEL NEWS

Bunga Berbau Busuk Kagetkan Warga Cimahi, Tiba-tiba Tumbuh di Pekarangan

Whisnu Pradana
detikTravel
Bunga Bangkai yang Tumbuh di Pekarangan Rumah Warga Cimahi
Foto: Bunga Bangkai di Cimahi (Whisnu Pradana/detikJabar)
Bandung Barat -

Pekarangan rumah Rohmat Supriadi (40) tiba-tiba saja ditumbuhi tanaman sejenis bunga bangkai dengan ukuran lumayan besar. Tanaman itu berbau busuk!

Tak pelak keberadaan tanaman itu mengundang rasa penasaran tetangga dan teman-temannya. Di pekarangan warga Kampung Cileutik, RT 02/14, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi itu ada empat tanaman.

Satu tanaman baru saja mekar, satu tanaman lainnya sudah layu dan hampir mati, sementara ada dua tunas lain yang menunggu waktu untuk mekar.

Tak cuma karena jenis tanamannya yang jarang dilihat, keunikan tanaman itu juga karena ukurannya yang lumayan besar dengan diameter tanaman sekitar 60 cm dan tinggi 50 cm. Namun yang paling mencuri perhatian yakni bau tak sedap seperti bau bangkai yang dihasilkan.

Rohmat mengaku awalnya ia tak menghiraukan tanaman yang tumbuh di pekarangannya itu. Sebab ia punya tanaman lain seperti mawar, pohon pepaya, dan tanaman lainnya.

"Awalnya saya nggak sadar ketika tanaman itu tumbuh. Tapi lama-kelamaan, itu anak saya kasih tahu ada bunga seperti bunga bangkai tumbuh di halaman saya," ujar Rohmat.

Tanaman sejenis bunga bangkai itu pertama kali tumbuh dan mekar pada pertengahan bulan Oktober lalu. Kemudian bunga kedua mekar beberapa hari lalu dan saat ini sudah mulai layu serta mengecil.

"Yang pertama itu tumbuh sebulan lalu, kalau yang kedua 4 hari lalu baru mekar. Kalau yang 2 lagi baru tunas, mungkin akan tumbuh seperti yang sebelumnya," ucap Rohmat.

Mekarnya bunga yang banyak disebut orang sebagai bunga suweg itu diiringi bau tak sedap seperti bau bangkai. Rohmat menyebut karena awalnya tak tahu bunga itu berbau tak sedap, ia berasumsi bau bangkai itu berasal dari tikus atau binatang lain yang mati.

"Sempat tercium bau menyengat seperti bangkai. Awalnya saya kira itu bau bangkai binatang (tikus), saya cari tapi nggak ada bangkainya. Akhirnya saya perhatikan, ternyata sumber baunya itu dari bunga ini," kata Rohmat.

Rohmat mengatakan selama puluhan tahun tinggal di rumah tersebut, sekalipun ia tak pernah melihat tanaman tersebut tumbuh. Lantaran baginya sangat asing, ia berencana tetap membiarkan tanaman itu tumbuh.

"Selama orangtua saya hidup sampai meninggal beberapa bulan lalu, belum pernah lihat. Tapi setelah orangtua meninggal, baru tumbuh, itu juga nggak sengaja ditanam. Sempat anak saya minta ditebang, tapi saya bilang dibiarkan saja meskipun bau," kata Rohmat.

Bunga bangkai itu ternyata jadi magnet bagi anak-anak dan warga sekitar. Saban sore banyak yang sengaja datang melihat tanaman yang jarang mereka temui itu demi memuaskan rasa penasaran.

"Ya penasaran, sengaja mau lihat. Waktu masih mekar itu bau bangkai, sampai dikerubungi lalat hijau," kata Imas, warga setempat.


----

Artikel ini telah naik di detikJabar dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Penampakan Bunga Bangkai di Depan Rumah Warga Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Live Breaking News
×
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs Selengkapnya