Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 08 Jul 2022 23:12 WIB

TRAVEL NEWS

Detik-detik Bunga Bangkai Raksasa Mekar Sempurna, Sudah Pernah Lihat?

Syanti Mustika
detikTravel
bunga bangkai
Ilustrasi bunga bangkai (Badan Riset dan Inovasi Nasional)
Jakarta -

Bunga bangkai memang selalu menarik untuk dilihat, walau baunya tak mengenakan. Tapi kamu sudah pernah lihat belum gimana bunga bangkai besar ini mekar?

Nah, dalam akun Instagram dan Twitternya, Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan membagikan video singkat detik-detik dari Amorphophallus titanum atau yang kita kenal dengan bunga bangkai raksasa. Kamu pasti penasaran kan?

Dilihat detikcom dalam Instagramnya, Jumat (8/7/2022) BBTN Bukit Barisan menyebutkan bahwa video ini didokumentasikan oleh petugas Resor Sukaraja Atas, mitra YABI dan mahasiswa ITERA di Lampung. Dalam keterangannya mereka juga menjelaskan kondisi bunga bangkai saat mekar. Dalam video yang berdurasi hampir 2 menit ini terlihat bunga bangkai yang awalnya kuncup perlahan mekar sempurna. Momen langka nih!

"Amorphophallus mulai menunjukkan tanda-tanda mekar pada pukul 15.00 WIB dengan kondisi lingkungan di suhu 27,3 C dan kelembapan 72%. Kemudian, pukul 18.30 WIB, bunga sudah terbuka lebar dan mengeluarkan bau tidak sedap. Bunga pun mekar sempurna pada pukul 21.00 WIB, dengan lengkungan bunga yang mengarah ke bawah,"

"Amorphophallus yang mekar ini memiliki total tinggi keseluruhan 238 cm dengan keliling bunga (spathe) 282 cm, serta pada suhu 24,1 C dan kelembapan 99%. Pengukurannya dilakukan pada bagian batang (peduncle), bunga (spathe), dan tongkol (Spadix)," tulisnya.

[Gambas:Instagram]



Dalam postingan Twitternya, BBTN Bukit Barisan juga mengobati rasa penasaran netizen, bagaimana cara mereka mendokumentasikan video time lapse bunga bangkai mekar. Terlihat dalam postingannya, mereka memanfaatkan tripod dan lampu sebagai pencahayaan.

Bunga bangkai atau Amorphophallus titanum merupakan tanaman endemik dari Sumatera. Dikutip dari website BRIN, tumbuhan ini pertama kali ditemukan oleh Dr. Odoardo Beccari, seorang ahli botani dari Italia pada tahun 1878. Ia menemukan tumbuhan ini di sekitar air terjun Lembah Anai, Sumatera Barat.



Amorphophallus titanium juga termasuk dalam kategori tumbuhan langka berdasarkan klasifikasi dari International Union for Conservation of Nature (IUCN). Keberadaannya dilindungi dengan Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999.

Oh iya, BBTN Bukit Barisan juga mengajak traveler nih untuk melihat bunga bangkai raksasa ini mekar secara langsung.

"Yuk, yang berada di sekitar Lampung masih bisa loh melihat keindahan bunga raksasa ini di alam," tulis mereka di instagram.



Simak Video "Penampakan Bunga Bangkai di Depan Rumah Warga Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
e-LIfe
×
Perilaku Selingkuh dari Faktor Genetika, Apa Iya?
Perilaku Selingkuh dari Faktor Genetika, Apa Iya? Selengkapnya