Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 10 Nov 2022 14:31 WIB

TRAVEL NEWS

3 Pelabuhan Mewah di Bali, Pembangunan Telan Biaya Rp 536 Miliar

Putu Intan
detikTravel
Pelabuhan Sanur, Denpasar, Bali, dengan desain jukung mecadik pola gajah mina.
Pelabuhan Sanur. Foto: Dok. Popo Danes
Jakarta -

Wisatawan makin dimanjakan dengan hadirnya 3 pelabuhan mewah di Bali. Pelabuhan ini hadir untuk melengkapi konektivitas dari Sanur, Nusa Penida, dan Nusa Ceningan.

Gubernur Bali I Wayan Koster menyampaikan, pembangunan Pelabuhan Sanur, Pelabuhan Sampalan, dan Pelabuhan Bias Munjul menelan biaya hingga Rp 563 miliar. Pembangunan ini rampung tepat waktu, bahkan Pelabuhan Sampalan sudah beroperasi sejak 6 bulan lalu.

"Dengan arahan dan kebijakan Menteri Perhubungan agar kebijakan ini dioperasionalkan secara profesional karena investasinya cukup tinggi," katanya usai meresmikan Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu (9/11/2022).

Dengan pelabuhan ini, dia berharap masyarakat dan wisatawan yang ingin berkunjung ke Nusa Penida bisa memanfaatkan tiga pelabuhan tersebut. Koster juga yakin wisatawan domestik dan mancanegara dapat dengan nyaman untuk berwisata ke sana.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan sebelum dibangun, pelabuhan ini masih merupakan pelabuhan tradisional. Ketika itu belum ada fasilitas pendukung seperti dermaga, sehingga wisatawan yang mau naik kapal harus masuk ke air di pinggir pantai.

"Setelah dibangun, ketiga pelabuhan ini memiliki wajah baru, lebih nyaman, memiliki fasilitas dermaga dan fasilitas lainnya, dan memenuhi aspek keselamatan," papar Budi Karya dalam kesempatan yang sama.

Pembangunan Pelabuhan Sanur sudah dimulai sejak Desember 2020 dan selesai pada tahun ini. Desain bangunan terminal dibuat oleh arsitek asal Bali, Popo Danes, yang kental nuansa kearifan lokal. Bangunan terminal didesain menyerupai perahu mecadik atau kapal tradisional sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan.



Simak Video "Detik-detik Pria Alami Depresi Ceburkan Diri ke Laut di Gilimanuk"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
Geger Capres Rambut Putih Keriput
Geger Capres Rambut Putih Keriput Selengkapnya