Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 12 Nov 2022 05:39 WIB

TRAVEL NEWS

Percayalah, Mak Erot Lebih Terkenal dari Tempat Wisata Apapun di Sukabumi

Syahdan Alamsyah
detikTravel
Lipsus Mak EROT untuk detikhealth
Foto: Klinik Mak Erot (Rachman/detikcom)
Sukabumi -

Popularitas Mak Erot bisa dibilang luar biasa. Nama Mak Erot bahkan mengalahkan destinasi wisata populer yang ada di Sukabumi.

Mak Erot, sosok legenda yang dikenal sebagai praktisi kebugaran pria dan konon ahli dalam bidang reparasi alat vital pria itu seolah tidak terpisahkan dengan lokasi keberadaaanya di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Coba saja pelankan laju kendaraan Anda saat melintasi pertigaan ke arah lokasi wisata air panas atau Geyser Cisolok, atau di Terminal-Pasar Cisolok. Dijamin, teriakan-teriakan kecil Mak Erot dari para tukang ojek bersahutan.

"Terkadang kan para tamu ini malu kalau bertanya arah ke Mak Erot, makanya kita pancing duluan. Ciri-cirinya selain mobil melaju pelan, ada juga (mobil) sengaja berhenti di depan pangkalan ojek kalau sudah berhenti, ya kita samperin," kata Usep Rustendi, tukang ojek di Terminal Pasar Cisolok, Kamis (10/11/2022).

Para pengojek ini seolah bagian dari marketing sosok ahli reparasi alat vital pria itu. Mereka menawarkan jasa antar hingga ke lokasi. Selepas Mak Erot berpulang, mereka mengantar para tamu-tamu ini ke anak-cucu Mak Erot yang meneruskan keahlian dalam bidang kebugaran dan reparasi alat vital pria.

"Sudah 15 tahun antar para tamu ke Mak Erot, tarifnya normal saja ke Kampung Cigadog, Desa Caringin, Kecamatan Cisolok rata-rata Rp 100 ribu karena lokasinya kan cukup jauh. Kami mengantar ke keturunan Emak langsung, kalau tidak begitu kan khawatirnya malah tersasar ke orang yang salah," ujar Usep.

Usep tidak menampik, keberadaan Mak Erot membawa rezeki bagi sejumlah tukang ojek di kawasan Cisolok. Kepopuleran Mak Erot menurutnya mengalahkan popularitas sejumlah lokasi wisata di wilayah tersebut.

"Kalau ke lokasi (wisata) Cipanas kan sekedar rekreasi, sepanjang ngojek jarang ada yang bertanya arah lokasi wisata. Kalau (pengendara) kelihatan dari jauh seperti malu-malu pasti mau ke Mak Erot minta diantar ke Mak Erot. Kemarin baru antar tamu dari Bandung, tawar menawar jasa antar jadi di Rp 100 ribu, tarif segitu normal karena bensin juga kan naik," tutur Usep.

Sepanjang pengalamannya mengantar para tamu, Usep mengaku hanya sedikit menerima komplain. Para tamu yang datang bahkan ada yang beberapa kali datang untuk menambah ukuran.

"Sejauh ini jarang yang komplain karena gagal, tamu yang saya antar kebanyakan mereka berhasil. Pernah ada yang mengaku gagal karena kebanyakan tidak sabar, karena waktu (proses) kan berbeda ada yang tiga hari ada yang dua minggu bagaimana (kondisi) orangnya," lirih Usep.

Senada dengan Usep, tukang ojek lainnya Rudi mengaku sudah menjadi tukang ojek spesialis mengantar tamu ke Mak Erot sejak tahun 1997. Para tamu kebanyakan bermobil, khusus untuk mobil-mobil kecil, Rudi menawarkan jasa tumpangan karena kondisi infrastruktur jalan ke Kampung Cigadog kurang mulus.

"Saya sudah dari tahun 1997, rata-rata yang mau ke sana kadang kita pancing dengan ngagupayan (melambaikan tangan) Mak Erot, Mak Erot lalu kita samperin. Kalau mobilnya kecil saya tawarkan naik motor karena jalannya kurang bagus," ucap Rudi.

Di sepanjang jalan ke arah lokasi praktik Mak Erot memang tidak ditemukan papan nama atau penunjuk arah menuju ke lokasi praktik kebugaran pria itu. Konon hal itu memang sudah menjadi kesepakatan dari keturunan Mak Erot, hal inilah yang kemudian menjadi ladang rezeki untuk para tukang ojek di kawasan tersebut.

"Kalau tarif pengobatan kita nggak tahu, itu kesepakatan antara keturunan mak erot dengan tamunya. Hanya kadang kita nampung keluhan mereka saja, ada yang impotensi, ada yang mau nambah panjang nambah keras. Beda-beda setiap orangnya," pungkas Rudi.


----

Artikel ini telah naik di detikJabar dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Dinilai Mujarab, Klinik Mak Erot Jadi Langganan Pejabat dan Artis"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA