Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 19 Nov 2022 19:11 WIB

TRAVEL NEWS

Ampun deh! Banyak Shelter Trans Metro Bandung yang Tak Terawat

Sudirman Wamad
detikTravel
Kondisi Shelter TMB Bandung.
Kondisi shelter TMB. Foto: Sudirman Wamad
Bandung -

Shelter Trans Metro Bandung (TMB) tampak kotor dan tak terawat. Hal ini bikin penumpang nggak nyaman menunggu kendaraan umum tersebut.

Tim detikJabar menelusuri sejumlah shelter TMB di Kota Bandung. Shelter atau halte yang berada di kantor Bank Indonesia yang berdekatan dengan Balai Kota kondisinya terbilang biasa.

Tempat menunggu kedatangan bus ini terbuka. Sayangnya, tak ada apapun informasi apapun di lokasi ini. Misalnya soal rute, jadwal kedatangan bus dan lainnya.

Sementara itu, shelter TMB Lembong terbilang masih aman. Tak ada fasilitas apapun di shelter.

Kondisi shelter TMB Lembong ini tak jauh beda dengan yang berada di Jalan Ahmad Yani. Di Jalan Ahmad Yani ada dua shelter, pertama arah menuju Pasar Kosambi, dan satu lagi menuju arah Cicadas. Lokasi keduanya persis di depan Lapangan Persib.

Seperti yang diutarakan Fadli, salah seorang pelajar SMP di Kota Bandung. Fadli selalu menggunakan jasa TMB saat pulang sekolah. Ia menyoroti soal halte atau shelter TMB.

"Ya kebersihan juga harus jadi perhatian ya. Sama soal halte. Kan nggak semuanya halte itu bagus," ucap Fadli.

Shelter di Jalan Ahmad Yani ini kondisinya sepi dan tampak kotor. Lantainya berdebu. Tak ada satu orang calon penumpang pun saat detikJabar berkunjung ke dua shelter ini.

Sementara itu, di Jalan Soekarno Hatta salah satu shelter kondisinya sudah rusak. Kacanya sudah pecah. Hal itu dibuktikan dengan adanya satu jendela yang kacanya hanya sebelah dan tidak simetris. Shelter ini berada di dekat perempatan Jalan Soekarno Hatta-Ibrahim Adjie.

Sepanjang Jalan Soekarno menuju arah Cibiru ada beberapa tempat pemberhentian TMB berupa tangga dan penanda yang bertuliskan 'Bus TMB'. Tangga ini digunakan untuk membantu penumpang saat menaiki TMB. Sayangnya, kondisi tempat pemberhentian ini terbilang kurang nyaman. Posisi tangga untuk penumpangnya pun tergeletak sembarangan.

Lokasi pemberhentian TMB atau tempat menaikan dan menurunkan penumpang ini berada di dekat jembatan penyeberangan orang (JPO) Jalan Soekarno Hatta, Kompleks Margahayu Raya. Lokasinya di seberang salah satu supermarket.

Shelter yang dikunjungi detikJabar ini sejatinya kurang memberikan rasa aman dan nyaman. Misalnya, tak ada papan informasi yang jelas soal rute dan jadwal kedatangan bus.

Tentunya ini membingungkan bagi penumpang yang pertama kali menjajal TMB. Kendati pun ada aplikasi moovit yang membantu menuntun penumpang untuk melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum.

Berita selengkapnya, baca di detikJabar.



Simak Video "Situasi di Objek Wisata Nuansa Riung Gunung Pangalengan Sejak PPKM"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA