Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 20 Nov 2022 19:41 WIB

TRAVEL NEWS

Wajah Baru TMII, Pedestrian dan Anjungan Makin Kece

Putu Intan
detikTravel
Pesepeda dan pejalan kaki menikmati jalur pedestrian di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (20/11/2022).
Pesepeda dan pejalan kaki menikmati jalur pedestrian di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (20/11/2022). (Foto: Ari Saputra/detikcom)

FOKUS BERITA

Wajah Baru TMII
Jakarta -

Setelah direvitalisasi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dilengkapi fasilitas yang ramah pejalan kaki. Selain itu, anjungan daerah juga makin cantik.

Saat ini, TMII memang memberlakukan konsep yang ramah lingkungan. Kendaraan pribadi seperti mobil dan motor dilarang wara-wiri di dalam kawasan wisata edukasi itu.

Sebaliknya, pengunjung dapat menikmati TMII dengan berjalan kaki. Jangan khawatir karena pedestrian yang dibangun luas dan bersih.

Tak hanya itu, terdapat pula jalur sepeda untuk pengunjung yang hobi gowes. Dari pantauan detikcom, Minggu (20/11/2022) sudah ada rambu-rambu jalur khusus sepeda di sana sehingga pengunjung dapat merasa lebih nyaman.

Namun bila traveler tak ingin lelah berjalan dan bersepeda, TMII juga menyediakan mobil listrik yang akan mengantar pengunjung berkeliling. Biayanya gratis.

Mobil listrik ini akan menjemput pengunjung dari gedung parkir. Di gedung parkir itulah semua kendaraan bermotor termasuk bus diparkirkan.

Pada hari pertama uji coba terbatas, pengunjung masih tampak kebingungan dengan sistem baru yang diterapkan TMII. Salah satu pengunjung asal Depok, Riri, mengatakan ia sempat berputar-putar mencari parkiran motor. Ia juga tidak tahu bila wahana yang ia tuju tak dapat dilewati kendaraan pribadi.

"Kurang baca kemarin. Kita sempat mutar-mutar, nggak bisa ke Taman Burung, harus jalan. Harus naik mobil listrik antre dulu dan agak berantakan," kata dia.

Memang, antrean penumpang mobil listrik ini kurang pengaturan sehingga pengunjung saling menyerobot. Ke depannya, Riri berharap hal tersebut dapat ditertibkan.

Selain itu, TMII tampak semakin menarik dengan kehadiran taman-taman. Melalui revitalisasi, TMII memang sengaja didesain memiliki lebih banyak ruang terbuka hijau yakni 70 persen.

Tak cuma itu, sejumlah anjungan daerah juga dipermak jadi semakin bagus. Salah satunya Anjungan Papua yang kini dilengkapi rumput sintetis sehingga penampakannya lebih hijau.

Wajah baru TMII ini membuat pengunjung senang. Salah satunya Syifa yang berasal dari Lampung.

"Taman Mini sekarang lebih rapi, lebih bersih," kata dia.

Riri yang datang bersama kedua anak balitanya juga mengaku senang dengan kondisi anyar TMII. Ia mengatakan tak sabar ingin kembali lagi berwisata di sana.

"Senang, mau balik lagi," ujarnya.



Simak Video "Antrean Padat Pintu TMII saat Uji Coba Buka Terbatas Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)

FOKUS BERITA

Wajah Baru TMII
BERITA TERKAIT
BACA JUGA