Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 22 Nov 2022 15:07 WIB

TRAVEL NEWS

G20 Usai, Bali Tetap Ramai Sampai Akhir Tahun

Ilustrasi wisatawan di Bali. Bali diprediksi akan ramai dengan wisatawan sampai akhir tahun.
Wisatawan di Bali, Bali akan tetap ramai sampai akhir tahun (Foto: Kemenparekraf)
Jakarta -

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 sudah usai, namun Bali diprediksi akan tetap ramai sampai akhir tahun. Momentum presidensi Indonesia dalam KTT G20 diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan pariwisata yang inklusif, tangguh, dan berkelanjutan. Terutama, bagi sektor parekraf di Bali.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memaparkan salah satu bukti nyata dampak positif dari pelaksanaan rangkaian KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022 tersebut adalah tingkat okupansi hotel di kawasan Nusa Dua meningkat hingga 70 persen.

"Kami prediksi hingga akhir tahun 2022 tingkat okupansi hotel di Bali tetap tinggi terutama memasuki masa liburan nataru (natal dan tahun baru) yang kita andalkan adalah wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara yang semakin meningkat yang rata-rata (angka kedatangannya) mencapainya 24 ribu per hari. Jadi kita prediksi ini akan terus terjadi peningkatan yang signifikan, oleh karena itu patut kita kawal kebangkitannya," ujar Sandiaga.

Tidak hanya itu, Sandiaga memperkirakan kontribusi ekonomi pelaksanaan KTT G20 terhadap perekonomian nasional mencapai 533 juta dolar AS atau Rp 7,4 triliun dan menyerap lebih dari 33 ribu lapangan kerja baru.

"Jumlah wisnus dan wisman pada periode puncak G20 mencapai 20.559 orang ke Bali. Alhamdulillah situasi yang penuh tantangan dan beberapa kejadian seperti gempa Senin (kemarin) kita masih membukukan angka yang baik," ujarnya.

"(KTT) G20 ini merupakan momen kebangkitan ekonomi dan kebanggaan dari bangsa kita. Bahwa (kita) bukan hanya (memiliki) keindahan alam, kekayaan sumber daya alam, dan keramahtamahan namun ternyata kepemimpinan Indonesia di skala global sangat diperhitungkan," kata Sandiaga.



Simak Video "Melihat Lokasi KTT G20 yang Bakal Digelar Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA