Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 22 Nov 2022 19:17 WIB

TRAVEL NEWS

Taman Nasional Tanjung Puting Rumah Orang Utan Primadona Turis Asing

Antara
detikTravel
Ibu dan anak orangutan di TN Tanjung Puting
Taman Nasional Tanjung Puting di Kobar (Foto: Debora Kusumadewi/dTraveler)
Kotawaringin Barat -

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Bambang Sigit Purnomo mengatakan pengunjung wisata di Taman Nasional Tanjung Puting masih didominasi wisatawan mancanegara.

"Saat ini kunjungan pariwisata ke TN Tanjung Puting terus meningkat. Tercatat hingga September, sebanyak 22.000 lebih wisatawan telah berkunjung yang mana hampir 80 persennya berasal dari luar negeri seperti Spanyol dan negara Eropa lain," kata Sigit di Pangkalan Bun, Selasa.

Ia mengatakan wisatawan mancanegara yang berkunjung di Taman Nasional Tanjung Puting itu sangat tertarik untuk melihat dan menikmati kawasan konservasi satwa langka orang utan tersebut.

Taman Nasional Tanjung Puting terletak di semenanjung barat daya provinsi Kalimantan Tengah dan menjadi salah satu lokasi terbaik untuk melihat habitat alami orang utan.

Berdasar data inventarisasi satwa Balai Taman Nasional Tanjung Puting pada 2016 tercatat kawasan taman nasional seluas 415.040 hektare ini dihuni sekitar 917 ekor orang utan.

Ia mengatakan puncak kunjungan wisatawan ke TN Tanjung Puting terjadi pada Juni hingga Agustus 2022. Hal itu karena pada bulan tersebut di negara-negara Eropa sedang memasuki waktu libur musim panas.

Sementara itu, salah satu pemilik kapal wisata rute Tanjung Puting Ahmad Yani mengatakan saat ini biaya sewa kapal sedang mengalami kenaikan harga. Hal itu lantaran pengelola harus melakukan penyesuaian pasca kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu.

"Sebelum pandemi harga sewa biasa Rp 700.000 hingga Rp 900.000 per hari. Saat ini harga sewa per hari Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta per hari, tergantung dari besar kapal dan fasilitas yang disediakan," kata pemilik Tour Travel Boneo Hijau Persada tersebut.

Ahmad Yani pun membenarkan puncak kunjungan wisatawan ke TN Tanjung Puting terjadi pada Juni hingga Agustus 2022. Bahkan pada puncak kunjungan tersebut sehari 20 unit kapal wisata bisa masuk ke TN Tanjung Puting untuk membawa wisatawan.

"Bahkan kadang wisatawan yang datang tidak kebagian kapal sehingga harus menunggu di pelabuhan Tanjung Puting," kata Ahmad Yani.



Simak Video "Taman Nasional Tanjung Puting, Surga Kecil Orangutan, Kalimantan Tengah"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
Geger Capres Rambut Putih Keriput
Geger Capres Rambut Putih Keriput Selengkapnya