Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 25 Nov 2022 13:17 WIB

TRAVEL NEWS

Candi Borobudur Kini Resmi Jadi Wisata Religi Buddha

Eko Susanto
detikTravel
Biksu dari sejumlah negara doa bersama di Candi Borobudur, Magelang, Minggu (20/11/2022).
Candi Borobudur sebagai destinasi wisata religi umat Buddha (Foto: Eko Susanto/detikJateng)
Jakarta -

Candi Borobudur kini telah resmi menjadi destinasi wisata religi umat Buddha. Sematan itu diharap dapat menarik lebih banyak wisatawan dari mancanegara.

Pemanfaatan Candi Borobudur sebagai tempat ibadah umat Buddha Indonesia dan dunia bisa menjadi daya tarik. Hal ini diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan dari nusantara maupun mancanegara.

"Dengan adanya aktivitas keagamaan semakin menambah daya tarik umat Buddha dunia untuk berkunjung ke Indonesia khususnya (candi) Borobudur. Sehingga semakin meningkatkan kunjungan wisatawan dari dunia maupun domestik," kata Dirjen Bimas Buddha Kemenag Supriyadi di konferensi International Buddhist Conference of Indonesia di Bukit Dagi, Candi Borobudur, Magelang, Jumat (18/11/2022).

Konferensi ini kerja sama dari Bimas Buddha dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Agama Buddha Indonesia (APTABI). Ada perwakilan 10 negara yang hadir, di antaranya dari Sri Lanka, Thailand, Myanmar, Vietnam, India, Amerika, Nepal, dan Kamboja.

Output dari konferensi itu ialah memberikan pemahaman terhadap keberadaan Candi Borobudur untuk dharmayatra dan wisata.

"Artinya tidak hanya dalam wisata super prioritas, tetapi dimaknai juga dengan kegiatan pilgrimage berkaitan keagamaan sendiri," tuturnya.

Pemanfaatan yang telah berlangsung sampai saat ini untuk perayaan Waisak dan Asadha. Kemudian, setelah ditetapkan sebagai pusat ibadah umat Buddha Indonesia dan dunia akan dimanfaatkan untuk perayaan hari besar keagamaan lainnya.

"Seperti Hari Besar Asadha, Hari Besar Kathina dan Hari Besar Magha Puja, untuk pemanfaatan keagamaan. Yang lain juga kegiatan-kegiatan rutin ada pilgrimage, dharmayatra di tanggal 1, 15 penanggalan," sambungnya.

Artikel ini telang tayang di detikJateng



Simak Video "Sandiaga Uno Harap Penataan Candi Borobudur Bisa Tarik 20 Juta Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA