Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 27 Nov 2022 16:13 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Aturan Mobil Pribadi Dilarang Masuk ke Gunung Bromo, Berkaca dari Rubicon

Rombongan rubicon paksa masuk bromo
Rombongan Jeep Rubicon memaksa masuk ke Gunung Bromo (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)
Jakarta -

Rombongan Rubicon ditolak masuk ke kawasan Gunung Bromo. Ada aturan khusus yang mengatur boleh tidaknya suatu mobil melintas di sana.

Dalam unggahan terbaru di ayoketamannasional dari Ditjen KSDAE, dilihat Minggu (27/11/2022), disebutkan bahwa memang ada pembatasan terkait mobil yang masuk ke Gunung Bromo dan sekitarnya. Aturan ini sudah berlaku sejak bertahun-tahun lalu.

Pada intinya, untuk memasuki kawasan Gunung Bromo harus memakai transportasi jip lokal. Dan, bila suatu mobil diperbolehkan masuk maka itu sudah mendapat pengecualian.

Berikut bunyi lengkapnya:

Conservationmate sudah tahukah tentang "Pengaturan Transportasi Kendaraan Roda-4 di Kawasan Laut Pasir" diatur dalam Surat Keputusan Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru nomor SK.88/21/BT.1/2012 tanggal 20 Desember 2012, yaitu:

1. Kendaraan roda-4 yang akan memasuki kawasan Laut Pasir melalui Cemorolawang dibatasi sampai dengan Pintu Masuk Cemoro Lawang (Ngadisari, Probolinggo; untuk yang melalui Wonokitri dibatasi sampai dengan Pintu Masuk Wonokitri (Tosari, Pasuruan); dan untuk yang dari arah Lumajang dan Malang dibatasi sampai dengan Jemplang/ Desa Ngadas;

2. Pengaturan transportasi kendaraan roda-4 menuju kawasan Laut Pasir disediakan oleh Paguyuban Jeep dari masing-masing pintu masuk;

3. Pengecualian pemberlakuan keputusan dikeluarkan atas kepentingan kedinasan ;

4. Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan apabila di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan akan diadakan peninjauan kembali sebagaimana mestinya.

Nah sekarang sudah paham ya bahwa Conservationmate tidak boleh membawa mobil pribadi masuk ke dalam kawasan Laut Pasir, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Selain itu juga pembatasan kendaraan masuk ke kawasan Laut Pasir agar tidak merusak ekosistem laut pasir. Yuk kita patuhi aturan masuk ke kawasan konservasi.

[Gambas:Instagram]



Simak Video "Longsor Tutup Jalur Bromo, Wisatawan 2 Jam Terjebak Macet"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA