Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 29 Nov 2022 09:19 WIB

TRAVEL NEWS

Kenapa Pesawat Dilarang Melintasi Langit Kakbah?

MECCA, SAUDI ARABIA - March 2019: The golden doors of the Holy Kaaba closeup, covered with Kiswah. Massive lock on the doors. Entrance to the Kaaba in Masjid al Haram
Kenapa pesawat dilarang melintas di atas Kakbah? Foto: Getty Images/Emir Culjevic
Jakarta -

Dalam dunia penerbangan, ada istilah no-fly zone, alias zona larangan di mana pesawat tidak diizinkan melintas di atas sejumlah tempat. Salah satu di antaranya adalah Kakbah yang menjadi kiblat umat Islam di seluruh dunia.

Persatuan Pilot Maskapai Nasional Prancis (SNPL), yang dikutip AFP, mengatakan larangan terbang dibenarkan oleh otoritas Saudi karena "alasan ideologis [dan] penghormatan terhadap Kakbah".

Karena Makkah dianggap sebagai kota suci, hanya Muslim yang diizinkan memasuki kota tersebut. Larangan itu termasuk wilayah udara di atas kota.

Suara bising dari mesin pesawat dikhawatirkan akan dipantulkan gunung-gunung yang mengelilingi Kakbah sehingga dapat mengganggu konsentrasi para jamaah yang sedang beribadah dengan khusyuk.

Situs web Otoritas Umum Penerbangan Sipil Arab Saudi (GACA) menegaskan bahwa "tidak ada orang yang boleh mengoperasikan pesawat terbang di atas atau di sekitar area mana pun yang akan dikunjungi atau dilalui oleh penjaga dua masjid suci, atau tokoh masyarakat lainnya yang bertentangan dengan pembatasan yang ditetapkan oleh presiden dan diterbitkan dalam Pemberitahuan untuk Penerbang (NOTAM)".

NOTAM ini mengutip CNBCIndonesia.com terdaftar di situs web Organisasi Penerbangan Sipil Internasional, dan mereka menunjukkan kepada maskapai penerbangan tempat-tempat yang tidak boleh mereka terbangi, serta kondisi larangan terbang.

Meski demikian, ada beberapa pengecualian untuk larangan terbang di atas Mekah ini. Terkadang, helikopter diizinkan melewati Makkah untuk memonitor keamanan para jamaah yang melaksanakan ibadah haji.

Selain Kakbah, ada juga no fly zone di destinasi wisata seperti Machu Picchu, Parthenon Yunani, Taj Mahal karena alasan menjaga kelestarian destinasi tersebut.



Simak Video "Momen DJ Khaled Menangis Pandangi Ka'bah saat Umrah"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA