Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 01 Des 2022 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Sedih Banget, 114 Hiu yang Dilindungi Dimutilasi di Kapal Nelayan

Ikan Hiu Ilegal Disita di Kolombia
Foto: Petugas menyita sirip hiu di Kolombia (dok. Istimewa)
Buenaventura -

Petugas berwenang menemukan 114 ekor hiu dilindungi di dalam sebuah kapal nelayan yang sedang melaut di Kolombia. Hiu-hiu itu dalam kondisi sudah dimutilasi.

Penemuan itu sungguh menyajikan pemandangan yang horror. Tampak hiu-hiu itu sudah kehilangan anggota badannya yang sangat berharga. Apalagi kalau bukan siripnya, yang selama ini dikenal memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Kamis (1/12/2022), petugas menemukan kapal berisi ratusan ekor bangkai ikan hiu itu di perairan Buenaventura, Kolombia. Nama kapal horror itu adalah Los Pescadores.

"Selama pemeriksaan, diketahui ada spesies hiu yang dilindungi di kapal tersebut," kata Juan David Rendon, komandan Penjaga Pantai Kolombia.

Kapal Los Pescadores itu diketahui berlayar dari pelabuhan Buenaventura menuju ke arah utara ke Bahia Solano. Petugas sendiri tak sengaja memeriksa kapal itu hanya untuk pemeriksaan rutin ke setiap kapal yang lewat.

Ikan Hiu Ilegal Disita di KolombiaIkan Hiu Ilegal Disita di Kolombia Foto: (dok. Istimewa)

Alangkah terkejutnya petugas ketika menemukan ada hiu-hiu yang dilindungi itu di dalam freezer kapal dengan kondisi sudah terpotong-potong, terpisah antara badan dan siripnya.

Rencananya, sirip-sirip hiu itu akan diekspor ke China. Di China sendiri, sirip ikan hiu termasuk makanan mewah dan dihargai sangat mahal.

Satu mangkok sup sirip ikan hiu harganya bisa mencapai Rp 3 jutaan. Permintaan akan sup sirip ikan hiu yang tinggi membuat perdagangan ilegal sirip ikan hiu masih marak terjadi.

Susana Muhamad, Menteri Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan Kolombia, langsung berterima kasih kepada pihak penjaga pantai atas temuan mereka.

"Ini adalah perdagangan ilegal berskala massif hampir di seluruh dunia yang harus kita kontrol," ujar Susana.

Otoritas Kolombia sendiri sampai saat ini sudah menyita hampir 7,4 ton produk perikanan ilegal. Di Kolombia, menangkap dan memperjualbelikan hiu yang dilindungi bisa dijatuhi hukuman denda yang berat, serta pidana penjara antara 48 hingga 108 bulan.



Simak Video "Raisa Sempat Fobia Ikan Hiu Gegara Film"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA