Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 01 Des 2022 17:08 WIB

TRAVEL NEWS

Lembah Anai Dipercantik, Bakal Ada Plaza, Biar Nggak Begitu-begitu Saja

Syanti Mustika
detikTravel
air terjun
Air Terjun Lembah Anai (Foto: Randy/detikTravel)
Padang -

Dalam meningkatkan nilai ekonomi dan wisata di Sumatera Barat, Pemda Sumbar berencana akan merekonstruksi kawasan Lembah Anai, salah satunya membangun plaza.

Dalam website resmi Pemprov Sumatera Barat, seperti dikutip detikcom, Kamis (1/12/2022) Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy dalam rapat bersama Dinas Pariwisata Sumbar dan beberapa OPD terkait mengungkapkan rencana penataan ulang kawasan Lembah Anai sebagai jawaban dalam mengatasi masalah-masalah yang terjadi saat ini dan ke depannya di sekitar Air Terjun Lembah Anai.

Rapat tersebut dihadiri juga oleh Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda, Kepala Dinas Pariwisata Tanah Datar Hendri Agung, Kepala BKSDA Sumbar Ardi Andono, Dinas Lingiungan Hidup, Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTR), dan OPD terkait lainnya.

"Dari dulu lembah Anai begitu aja, padahal ini salah satu ikon Sumatera Barat. Apalagi ini sangat eye catching. Air terjunnya dekat dengan jalan utama, jadi perlu sekali lebih dikembangkan Lembah Anai ini," kata Wagub Audy.

air terjunAir Terjun Lembah Anai Foto: (Randy/detikTravel)

Menjelaskan lebih lanjut gagasan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Luhur Budianda memaparkan Project Plan yang akan menjadi solusi dalam upaya optimalisasi potensi Wisata Air Terjun Lembah Anai.

"Jadi nanti kita akan coba rencanakan membuat jalur opsional ke air terjun, sehingga kita bisa membangun plaza yang bisa menjadi tempat untuk berwisata tanpa mengganggu bangunan yang sudah ada. Gorong-gorong air terjun juga akan kita perdalam untuk mengatasi limpahan air terjun, tanpa meninggalkan nilai estetikanya," jelas Budi.

Dalam rapat tersebut disebutkan juga target perencanaan akan rampung menjelang akhir tahun 2022. Rencana penataan ulang kawasan Air Terjun Lembah Anai ini dilakukan dengan koordinasi bersama pemerintah provinsi, Kabupaten Tanah Datar, dan beberapa lembaga dan kelompok masyarakat terkait.

Lembah anai padang panjang sebagai hutan yang dilindungi dan menjadi objek wisata di Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Propinsi Sumatra Barat. lembah anai ini banyak dikunjungi wisatawan mancanegara maupun local ,sepanjang lembah anai sejuk dikelilingi pemandangan yang sangat indah. File/detikFoto.Lembah anai padang panjang sebagai hutan yang dilindungi dan menjadi objek wisata di Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Propinsi Sumatra Barat. lembah anai ini banyak dikunjungi wisatawan mancanegara maupun local ,sepanjang lembah anai sejuk dikelilingi pemandangan yang sangat indah. File/detikFoto. Foto: Kontributor Gus Mun

Lembah Anai merupakan cagar alam yang berada di jalur lintas penghubung Padang Panjang dengan Bukittinggi. Kawasan ini terkenal dengan hijau dan lebatnya hutan dan Air Terjun Lembah Anai.

Air terjun Lembah Anai memiliki ketinggian sekitar 35 meter dan mengalir dari tebing yang tepat berada di pinggir jalan raya. Jadi traveler yang melintas dari Kota Padang menuju Bukittinggi pasti akan melewati objek wisata ini.



Simak Video "Berkenalan Dengan Komunitas Pecinta Ular di Kota Padang "
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA