Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 04 Des 2022 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Polemik Kereta Cepat Jakarta Bandung Bikin Mati KA Argo Parahyangan

Tim detikcom
detikTravel
BANDUNG, WEST JAVA, INDONESIA - 2022/11/16: Jakarta Bandung High-Speed Train (KCJB) or Comprehensive Inspection Train (CIT) was seen during the dynamic trial in Tegalluar. President Joko Widodo and Chinese President Xi Jinping are planning to see online the dynamic trial process of the 15 km Jakarta Bandung High-Speed Train with a limited speed of 80 km/hour during a sidelines visit from the G20 summit in Bali. (Photo by Algi Febri Sugita/SOPA Images/LightRocket via Getty Images)
Imbas Kereta Cepat Jakarta Bandung akan matikan KA Argo Parahyangan. (Foto: Algi Febri Sugita/SOPA Images/LightRocket/Getty Images)
Jakarta -

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) buka suara soal isu operasi KA Argo Parahyangan akan ditutup saat Kereta Cepat Jakarta-Bandung beroperasi tahun depan.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, merespons polemik yang berkembang di masyarakat setelah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan KA Argo Parahyangan akan disetop setelah Kereta Cepat Jakarta-Bandung beroperasi. Dia bilang sejauh ini rencana itu tengah dibahas.

"Sejauh ini masih pembahasan ya. Kan masih lama, masih bulan tujuh (operasi KCJB). Jadi, belum ada untuk mensetop dan sebagainya," ujar Arya saat dihubungi detikcom, Sabtu (3/12/2022).

Arya menyebut di antara pertimbangan menyuntik mati KA Argo Parahyangan adalah harga tiket dan waktu tempuhnya. Dia bilang tiket KA Argo Parahyangan Eksekutif biasa dibanderol seharga Rp 150.000-170.000 dengan waktu tempuh tiga jam.

"Kemudian, apalagi kalau Luxury. Luxury itu Rp 400 ribu. Nah, itu akan 3 jam. Ini kereta cepat Rp 250 ribu 30 menit," kata Arya.

Sementara itu, tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) diperkirakan berada di angka Rp 125.000 untuk rute terdekat dan Rp 350.000 untuk rute paling jauh.

Hal lain yang dipertanyakan andai KA Argo Parahyangan disetop adalah stasiun terakhir dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung itu berbeda. Kereta Cepat Jakarta-Bandung tidak finis di Kota Bandung, tetapi di Padalarang.

Arya menyebut nantinya bakal ada feeder dari Padalarang atau angkutan yang terintegrasi khusus dengan kereta cepat. Nantinya, feeder mengangkut penumpang menuju ke Kota Bandung hingga total waktu tempuh Jakarta-Bandung jadi sekitar 1 jam. Karena itulah, menurutnya kereta cepat lebih praktis khususnya bagi orang-orang kelas menengah atas.

"Itu kan jadi pertimbangan-pertimbangan bagi penikmat kereta, apalagi kereta eksekutif itu Parahyangan dinikmati kan oleh kelas menengah atas," ujarnya.

"Jadi silahkan saja dipertimbangkan ya. Coba kita lihat mana lebih kita pilih. Yang Rp 150.000-170.000, 3 jam dengan yang Rp 250-300 ribu (sudah termasuk biaya feeder) tapi 1 jam. Coba bandingkan seperti itu. Bagi orang-orang kelas menengah atas," kata Arya.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung diperkirakan beroperasi mulai Juni 2023. Saat ini, pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung mendekati tahap akhir untuk jalur trek kereta sampai konstruksi sistem lainnya.



Simak Video "Ada Korban Tewas Anjloknya Kereta Teknis KCJB, KCIC Buka Suara"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA