Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 07 Des 2022 10:16 WIB

TRAVEL NEWS

Siap-siap, Bali International Airshow Bakal Digelar di 2024

Bali International Airshow 2024
Foto: Bali International Airshow siap digelar 2024 (dok. Bali international Airshow)
Jakarta -

Ajang bergengsi dunia aviasi, Bali International Airshow akan digelar 2024 mendatang. Pameran penerbangan ini digelar untuk mempercepat pulihnya industri.

PT Inaro Tujuh Belas bekerjasama dengan Kementerian Maritim dan Investasi Republik Indonesia mengumumkan akan diselenggarakannya Bali International Airshow 2024 yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan September 2024 mendatang.

Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI mengatakan, Indonesia yang terdiri dari 17.000 kepulauan, memerlukan investasi besar untuk meningkatkan industri penerbangan dalam negeri.

"Indonesia saat ini memiliki 673 bandar udara dengan berbagai ukuran di berbagai daerah yang tentu pembangunan dan pengelolaannya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jumlah Bandar udara inipun masih perlu ditambah, mengingat masih banyak daerah pelosok yang akan lebih mudah dijangkau jika menggunakan transportasi udara. Untuk itulah perlu diadakan upaya seperti Bali International Airshow agar tujuan pembangunan industri penerbangan yang diinginkan dapat tercapai," ujar Luhut dalam keterangannya, Rabu (7/12/2022).

Pertumbuhan kelas menengah yang sangat tinggi di Indonesia, menjadikan pertumbuhan industri penerbangan di Indonesia menjadi yang tercepat kedua setelah China. Volume penerbangan domestik Indonesia diramalkan akan pulih kembali pada tahun 2024, lebih cepat dua tahun daripada penerbangan internasional yang diprediksi akan kembali pulih pada tahun 2026.

Bali International Airshow 2024Bali International Airshow 2024 Foto: (dok. Bali international Airshow)

Bali International Airshow 2024, diharapkan mampu mempertemukan kalangan bisnis aviasi baik dari dalam maupun luar negeri. Meningkatkan kerjasama bilateral antara Indonesia dan negara lain di kawasan Asia Pasifik, Eropa dan Amerika Serikat, baik dalam investasi maupun pengadaan transportasi udara yang saat ini masih sangat dibutuhkan.

Sementara itu, menurut Andy Wismarsyah, Presiden Direktur, PT Inaro Tujuh Belas, mereka bersyukur bisa mengadakan Bali International Airshow 2024.

"Harapan kami Bali International Airshow ini akan memberikan kesempatan kepada pelaku bisnis aviasi manca negara untuk melihat potensi industri aviasi Indonesia. Memberikan kesempatan kepada mereka untuk dapat berinvestasi dalam peningkatan industri aviasi Indonesia, yang pada akhirnya akan mengangkat nama Indonesia di kancah pameran industri penerbangan di dunia," ujarnya.

Penyelenggaraan Airshow bertaraf internasional ini pernah dilaksanakan di Indonesia sebanyak 2 kali, yaitu pada tahun 1986 bertempat di Bandar Udara Kemayoran dan pada tahun 1996 di Bandar Udara Soekarno Hatta.

Keduanya menunjukkan bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan Internasional Airshow sekelas Paris Air Show dan Farnborough Airshow di Inggris. Sedangkan Bali International Airshow rencananya akan diselenggarakan setiap 2 tahun sekali.

Bali International Airshow pun digadang-gadang jadi salah satu pameran penerbangan terbesar di Asia dengan standar Internasional dan menjadi pameran bisnis kelas dunia.

"Bali International Airshow membuka mata dunia akan kemampuan dan kebutuhan transportasi udara di Indonesia dan membuka peluang investasi bagi kalangan bisnis terkait. Kami berharap akan banyak kerjasama bilateral yang bisa disepakati dalam inisiatif semacam ini, yang pada akhirnya mampu meningkatkan kinerja ekspor Indonesia,' tutup Luhut Binsar Pandjaitan.



Simak Video "Kemenparekraf Sambut Ratusan Turis Tiongkok di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA