Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 07 Des 2022 12:15 WIB

TRAVEL NEWS

Kunjungan Wisman Tembus 3,9 Juta, Sandiaga: Alhamdulillah

Menparekraf Sandiaga Uno
Foto: Menparekraf Sandiaga Uno (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)
Jakarta -

Kunjungan wisatawan mancanegara per bulan Oktober 2022 sudah melampaui target yaitu sebesar 3,92 juta orang. Menparekraf Sandiaga Uno pun berucap Alhamdulillah.

Dalam acara Syukuran Suksesnya KTTG20 yang berlangsung di Rooftop Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf, Sandiaga Uno menyampaikan update terkini mengenai jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia hingga bulan Oktober 2022.

"Kunjungan wisatawan mancanegara per Oktober 2022, Alhamdulillah sudah mencapai 3,92 juta orang," kata Menparekraf Sandiaga, Selasa (6/12/2022) malam.

Angka tersebut sudah melebihi target kunjungan wisatawan mancanegara yang dicanangkan oleh Pemerintah RI yang berada di angka 1,8 sampai 3,6 juta orang.

Sandiaga pun optimis, angka kunjungan wisman itu akan terus bertambah sampai akhir tahun nanti. Jika sesuai dengan perkiraan, maka sampai akhir tahun, kunjungan wisman ke Indonesia akan menembus angka 5 juta orang!

"Target kita di angka 1,8 sampai 3,6 juta, tapi ternyata bulan Oktober kita sudah ada di 3,9 juta. Berarti jika kita bisa me-maintain kunjungan di atas 600 ribu per bulan, maka kita akan tembus 5,3 juta kunjungan wisman di akhir tahun. Alhamdulillah," ungkap Sandiaga.

Dari angka 3,92 juta wisman itu, terjadi perubahan komposisi negara asal para turis. Australia yang selama ini duduk di posisi 1, digeser oleh Malaysia.

"Ini ada perubahan. tadinya Australia nomor 1, sekarang Malaysia nomor 1. Australia nomor 2, Singapura nomor 3. Timor Leste tembus top 5 dan India tetap di peringkat 5," jelas Sandiaga Uno.

Sandiaga menilai, masuknya India dalam daftar jumlah wisman terbanyak yang berkunjung ke Indonesia adalah hal yang sangat bagus, mengingat tidak ada penerbangan langsung dari India ke Indonesia.

"Kita melihat India, walaupun tidak ada penerbangan langsung sudah ada di posisi lima dari kunjungan wisatawan mancanegara. Ini bagus," tutup Sandiaga.



Simak Video "Sandiaga Yakinkan AS Bahwa KUHP Tak Akan Ganggu Investasi"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA