Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 01 Jan 2023 09:30 WIB

TRAVEL NEWS

Selamat Taun Baru 2023! Kemana Nih Kita Jalan-jalan?

Syanti Mustika
detikTravel
Ilsutrasi Traveling
Ilustrasi traveling (Dok. Shutterstock)
Jakarta -

Sebelum momen pergantian tahun, pemerintah telah mengumumkan penghapusan PPKM yang artinya tidak ada lagi pembatasan. Nah di hari pertama tahun 2023 ini, kamu kepikiran jalan-jalan kemana?

Pasti traveler sudah punya list tempat atau negara yang ingin dikunjungi di tahun 2023 kan? detikcom akan coba tebak deh. Pasti di daftar mu ada pantai, kuliner dan kegiatan adrenalin kan? ih, sama dong.

Ada yang sudah mencari tahu tiket perjalanan dan hotel di Jepang? Mau foto seperti selebgram di balon udara Turki? Mau hedon di Dubai? Mau berburu barang cantik branded di Singapura Mau seru-seruan yang dekat saja, misalnya main ke Universal Studio Singapura? Atau mau nyantai di pantai di Bali saja karena ingin yang dekat dari rumah saja?

Cek lagi tanggal kadaluarsa paspor

Dua tahun lebih tidak bepergian ke luar negeri, coba intip lagi paspornya. Udah di limit tanggal kadaluarsa belum? Kalau sudah di bawah 6 bulan menuju tanggal habisnya, buruan deh perpanjang. Paspor baru nantinya berlaku selama 10 tahun lho. Lebih enak kan?

Kamu yang ingin membuat atau memperpanjang paspor, harus daftar dulu di aplikasi M-Paspor ya. Ikuti langkah-langkah dan isi data yang diperlukan. Terakhir pilihlah lokasi pembuatan paspor, tanggal kunjungan dan lakukan pembayaran.

Buka lagi rencana tahun 2022

Siapa nih yang suka menuliskan target dan impiannya di buku diari atau note di ponsel? Coba cek lagi, sudah ada yang diceklis belum list destinasinya?

Jika sudah ada, ingat-ingat lagi pengeluaran yang telah dihaiskan sebagai acuan untuk mengalokasikan dana liburan di tahun 2023. Traveling nggak harus berfoya-foya dan habis-habisan kok. Jika kamu ingin traveling budget juga seru. Apalagi bersama teman-teman yang juga satu pemikiran.

Belum bisa keluar negeri, dalam Indonesia pun jadi

Percayalah, wisata Indonesia nggak lalah indah dan seru kok dibanding luar negeri. jika kamu belum punya waktu dan tabungan untuk ke luar negeri, tidak ada masalah. Jalan-jaln saja di dalam negeri.

Kumpulin teman-teman, sewa mobil yang gahar untuk jalan jauh, melajulah ke ujung-ujung Indonesia. Mulai dari mana? Yang dekat saja dulu, misalnya sekitaran Jawa. Bagi kamuyang domisili di Sumatera, yadsah keliling Sumatera saja dulu. Begitu juga Kalimantan, Sulawesi hingga Papua.

Juga, sepertinya di tahun 2023 jua banyak konser dan band dan idol terkenal kan? Bisa nih kamu keliling destinasi di sekitaran lokasi konser.

Cek lagi tabungan

Nah ini paling penting. Tabungannya aman nggak? Sepertinya aman ya karena selama 2 tahun lebih tidak bepergian seperti sebelum pandemi dulu.

Penting sekali nih traveler untuk punya dana pegangan setelah jalan-jalan. Melepaskan hasrat berpetualang boleh-boleh saja, tapi kita tetap haru memikirkan langkah ke depannya supaya tidak stress kehabisan uang. Walau gajian tiap bulan, tapi tetap harus ada dana darurat di tangan ya. Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di hari esok.

Siap nggak nih keliling Indonesia atau dunia tahun 2023 ini?



Simak Video "Larang Perayaan Tahun Baru, Walikota Makassar Gelar Doa Bersama"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA