Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 13 Jan 2023 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Keluarga Protes Lukas Enembe Tak Naik Garuda, KPK Merespons

Tim detikcom
detikTravel
Gubernur Papua Lukas Enembe telah tiba di Gedung KPK, Jakarta Selatan. Lukas tiba dengan pengawalan ketat.
Gubernur Papua Lukas Enembe di KPK (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Keluarga Lukas Enembe protes kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka keberatan KPK membawa Lukas Enembe ke Jakarta bukan dengan maskapai Garuda. KPK merespons.

Lukas Enembe ditangkap dan dibawa dari Papua ke Jakarta pada Selasa (10/1/2023). Dia ditangkap KPK di sebuah restoran di Papua. Lukas merupakan tersangka suap dan gratifikasi yang sedang diselidiki oleh KPK.

Dari restoran itu, Lukas dibawa ke Mako Brimob. Kemudian, dia dibawa ke bandara untuk terbang ke Jakarta. Lukas terbang ke Jakarta dengan pesawat milik Trigana Air.


Adik Lukas, Elius, protes karena tak bisa menjenguk kakaknya, yang saat itu dirawat di RSPAD Gatot Subroto, usai tiba di Jakarta. Dia juga kecewa Lukas Enembe tak dibawa pakai pesawat Garuda saat ditangkap KPK.

"Kami keluarga serahkan pengabdian untuk negara 20 tahun, tapi kami kasih hati minta jantung, bagaimana negara ini? Nggak boleh minta KPK tidak boleh pun culik tidak boleh. Ini tidak syarat orang sakit ke Jakarta. Bukan pesawat Garuda lagi. Ini sudah kejahatan," ujar Elius kepada wartawan di RSPAD Gatot Soebroto Rabu (11/1/2023).

Dia berharap bisa segera dipertemukan dengan Lukas. Elius khawatir terhadap kondisi Lukas Enembe.

"Kami keluarga harapan akses dibuka. Saya dokter pribadi, keluarga pun bisa datang dilihat Bapak, bawa makanan, bawa pakaian, itu kebutuhan. Kalau kita nggak lihat ini 24 jam siapa yang jaga di dalam. Terjadi apa-apa," ujar dia.

Kuasa hukum Lukas, Petrus Bala, mengatakan keluarga Lukas Enembe telah tiba di Jakarta Rabu malam. Namun, keluarga tak diizinkan menjenguk.

"(Anaknya) sudah sampai di sini, tapi kami dokter, adiknya tidak bisa masuk belum bisa ke sini. Artinya, kita ingin segera menyampaikan ke KPK, tim pengacara ingin bertemu, dokter pribadi ingin bertemu, dari tadi koordinasi terus," kata Petrus.

Petrus juga menyampaikan keluarga khawatir atas kesehatan Lukas Enembe. Dia pun meminta agar perwakilan keluarga bisa mendampingi Lukas Enembe. Selain itu, dia berharap agar keluarga bisa membawakan pakaian dan makanan.

Respons KPK

Keluhan keluarga Lukas Enembe soal angkutan ke Jakarta itu ditanggapi oleh KPK. KPK meminta keluarga Lukas Enembe berfokus kepada substansi perkara.

"Kami sarankan lebih baik fokuskan pada hal yang substantif, seperti pembelaan terhadap hak-hak tersangka maupun membuktikan sebaliknya atas apa yang kami tersangkakan terhadap diri Tersangka LE (Lukas Enembe). Namun, tentu dilakukan harus sesuai koridor hukum," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dihubungi, Kamis (12/1/2023).

Ali memastikan proses penangkapan Lukas Enembe dilakukan secara prosedural dan transparan. KPK, kata Ali, bahkan turut menyertakan keluarga Lukas Enembe dalam satu pesawat agar melihat langsung tiap proses penangkapan kepada Gubernur Papua tersebut.

"Kami juga ikutkan pihak yang mengaku sebagai keluarga dalam penerbangan tersebut dengan harapan dapat menyaksikan bahwa semua proses-proses yang dilakukan KPK telah taat pada aturan hukum," ujar Ali.

***

Artikel ini lebih dulu tayang di detikNews. Selengkapnya klik di sini.



Simak Video "Penampakan Lukas Enembe Ditangkap-Diterbangkan ke Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA