Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Sep 2012 17:46 WIB

TRAVEL-TIPS

5 Tips Jitu Hemat Baterai Ponsel Saat Traveling

(dok. Thinkstock)
(dok. Thinkstock)
Jakarta - Traveling tanpa ponsel tentu merepotkan. Anda jadi kesulitan komunikasi dengan orang di kota asal atau pun kota tujuan. Agar perjalanan tidak terganggu karena kehabisan baterai ponsel, ikuti 5 tips berikut.

Ponsel saat ini menjadi salah satu benda yang wajib dibawa saat traveling. Berbagai fitur canggih seperti layanan internet dan GPS (Global Positioning System), tentu sangat membantu untuk pencarian lokasi wisata.

Sayangnya, ponsel rawan sekali kehabisan baterai. Agar perjalanan tidak terganggu akibat baterai yang kosong, ikuti 5 tips berikut yang disusun detikTravel, Senin (24/9/2012):

1. Pastikan baterai ponsel full sebelum berangkat

Sebelum berangkat, pastikan dulu baterai ponsel Anda full atau penuh. Ini baik untuk memperpanjang waktu hidup ponsel. Untuk menyiasatinya, cobalah charge baterai Anda dekat dengan waktu keberangkatan. Semakin dekat maka semakin lama pula ponsel Anda akan bertahan hidup dari habis baterai.

2. Pasang mode silent

Nah, cara lain untuk menghindari kehabisan baterai adalah dengan memasang mode silent pada ponsel. Nada dering yang dikeluarkan ponsel ketika menerima pesan atau telepon secara langsung menghabiskan kapasitas baterai ponsel. Jadi, salah satu cara menghemat baterai adalah mematikan bunyi-bunyian yang dihasilkan ponsel, dengan menggunakan mode silent.

3. Gunakan aplikasi ponsel seperlunya

Selain mematikan nada dering, minimalisir juga penggunaan ponsel hanya untuk hal-hal yang penting saja. Hindari mendengar musik lewat music player yang ada di ponsel. Selain itu, jangan sebentar-sebentar menengok ponsel karena ingin update status di media sosial. Ini jelas mempengaruhi baterai ponsel/smartphone Anda.

4. Pakai saja peta, jangan GPS

Di era yang serba modern ini, petunjuk arah sudah tersedia di ponsel, terutama smartphone. Tanpa perlu repot-repot menerjemahkan peta, Anda bisa menemukan lokasi tujuan melalui fitur GPS. Sayangnya, fitur ini bisa menguras baterai. Oleh karena itu, jika masih memungkinkan, gunakan saja peta dan hindari GPS.

5. Matikan saja ponsel ketika sinyal minim

Hal lain yang sangat mempengaruhi baterai adalah ketersediaan sinyal. Sinyal yang tidak stabil membuat ponsel harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mendapatkan sinyal. Nah, kalau Anda berada di posisi seperti ini sebaiknya matikan ponsel Anda, dan nyalakan jika telah berada di lokasi yang terbuka dan dikira memiliki cukup sinyal.



(ptr/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED