Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 03 Sep 2015 12:30 WIB

TRAVEL-TIPS

Cara Mengatur Keuangan Saat Sedang Traveling

(Thinkstock)
Jakarta - Mengatur keuangan saat traveling adalah hal yang gampang-gampang susah. Ketika uang sudah terkumpul untuk traveling, sudah tahukah Anda bagaimana mengaturnya ketika di dalam perjalanan? Ada sejumlah hal yang harus diketahui.

Mengatur keuangan tak hanya dilakukan sebelum atau sesudah perjalanan. Pada saat traveling pun, Anda wajib mengatur keuangan agar tidak kebablasan atau menghabiskan uang begitu saja.

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah alokasi dana sesuai porsi. Hal itu dikemukakan travel blogger sekaligus alumni program detikcom Aku Cinta Indonesia (ACI) 2011, Farchan Noor Rachman.

"Porsi terbesar saya alokasikan untuk penginapan dan transportasi," tutur Farchan kepada detikTravel, Kamis (3/9/2015).

Menurut Fahran, banyak traveler yang mengalokasikan bujet penginapan sebelum berangkat, misal dengan online booking menggunakan kartu kredit. Namun untuk transportasi terutama darat atau transportasi dalam kota, Anda harus mengaturnya sendiri.

Inilah pentingnya mencari tahu harga terbaru tarif transportasi. Cari tahu ongkos bepergian dari satu tempat ke tempat lain, hitunglah totalnya agar tahu uang yang dibutuhkan untuk transportasi.

"Setelah itu, alokasikan uang makan. Baru deh, pengeluaran lain-lain," tambah Farchan.

Jangan lupa, sisakan dana darurat jika terjadi apa-apa di jalan. Nah, jika bujet yang tersisa masih cukup banyak, bolehlah ada alokasi lebih banyak buat belanja dan memanjakan diri. Namun jika yang tersisa tidak banyak, artinya kita harus berhemat di dalam perjalanan.

Penting bagi traveler untuk mengalokasikan uang untuk masing-masing keperluan. Jadi, hitung baik-baik uang untuk akomodasi, transportasi, makan, juga keperluan lain-lain dan keperluan darurat. Semakin detail, besar kemungkinan perjalanan Anda akan semakin lancar!

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA