Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 01 Okt 2015 15:51 WIB

TRAVEL-TIPS

Jangan Sampai Apes! Ini Cara Memilih Hotel yang Benar

Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - Banyak traveler yang tertipu dengan hotel abal-abal saat memesan secara online. Pastikan hotel tersebut benar-benar ada dan terpercaya. Simak beberapa tips berikut untuk memastikannya.

Jangan percaya semua informasi yang ada di internet dan hubungi hotel yang dipesan, tips ini akan membantu traveler agar tidak kena tipu hotel abal-abal. Dikumpulkan detikTravel Kamis (1/10/2015), inilah 5 tips untuk memilih hotel dari internet:

1. Jangan langsung percaya

Tips pertama untuk traveler adalah jangan mudah percaya dengan semua informasi yang tertulis di internet. Terkadang demi kepentingan promosi, tak jarang informasi yang ditulis kerap berlebihan alias bluffing.

Ada yang mencantumkan hotel punya pemandangan yang indah dari jendela, ternyata begitu traveler datang jendela di kamar hotel pun tidak ada. Begitu pula dengan info sinyal WiFi kencang di dalam kamar, ternyata untuk bisa sambung saja susahnya setengah mati.

Pastikan Anda tidak mudah terkena bujuk rayu yang dilakukan oleh pihak hotel tentang harga, fasilitas, maupun foto-foto menarik yang dipajang karena terkadang kenyataan yang traveler dapatkan jauh dari kenyataan. Waspadalah!

2. Baca review

Kedua, bacalah review yang sungguh-sungguh dari traveler yang sudah pernah datang dan menginap di hotel yang sama yang akan Anda inapi. Lakukan blog walking, dan jika perlu bandingkan antara hotel yang satu dengan lainnya.

Seringkali, user membantah bualan yang dilakukan pihak hotel. Bahkan seringkali juga mereka menjelaskan kondisi real di hotel tersebut.

Jangan tergiur dengan harga yang murah saja, cocokkan juga dengan fasilitas yang hotel tersebut miliki. Pilihlah hotel yang mendapat review bagus. Tak hanya fasilitasnya saja, namun pelayanannya juga perlu diperhatikan. Jangan sampai tertipu ya traveler!

3. Lihat foto dari user

Tips berikutnya, cocokkan foto yang tercantum di situs dengan foto yang diunggah oleh traveler yang sudah pernah menginap di sana. Carilah di bagian review hotel oleh pihak user.

Kamu tinggal mencocokkan apakah foto tersebut sesuai dengan review dan apa yang dicantumkan di situs pemesanan. Jika memang sesuai, berarti hotel tersebut memang bagus dan layak untuk diinapi.

4. Cari di Google Maps

Jurus jitu selanjutnya adalah cek lokasinya di Google Maps. Hotel yang bagus akan terletak tak jauh dari pusat keramaian. Atau pun jika letaknya terpencil, pastikan ada akses jalan dan kendaraan umum untuk menuju ke sana.

Banyak hotel mengaku tempat mereka strategis, tapi ternyata setelah dicek di Google Maps tempatnya jauh kemana-mana. Apabila lokasinya kurang meyakinkan dari segi keamanan, misalnya letaknya dekat dengan kawasan remang-remang atau rawan kriminal, sebaiknya Anda batalkan pemesanan.

5. Telpon sebelumnya

Untuk lebih memastikan lagi, tips terakhir untuk traveler adalah telepon ke hotel yang bersangkutan minimal beberapa hari sebelum hari-H. Mungkin terdengar sepele, dan kebanyakan traveler tidak melakukannya. Padahal hal ini penting untuk dilakukan karena hotel yang profesional akan selalu siap siaga 24 jam untuk menerima panggilan Anda. Semoga tips berikut membantu Anda untuk merencanakan liburan!

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA