Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 04 Feb 2016 12:10 WIB

TRAVEL-TIPS

Turis Harus Tahu, Ini Aneka Aturan Makan di Korea

Faela Shafa
detikTravel
Ilustrasi (Thinkstock)
Ilustrasi (Thinkstock)

FOKUS BERITA

Wisata ke Negeri K-Pop
Seoul - Beda destinasi, beda lagi cara menyantap makanannya. Berikut aneka aturan makan di Korea yang harus kamu tahu.

Agar tidak dilihat aneh atau malah dikomentari yang negatif, ada baiknya kamu mengetahui aturan makan saat liburan di Korea. Disusun detikTravel, Kamis (4/2/2016) dari berbagai sumber, inilah aturan makan di Korea yang harus kamu tahu:

1. Gunakan sendok saat makan nasi

Salah satu makanan utama di Korea adalah nasi. Meski mereka terbiasa makan dengan sumpit, namun tidak halnya saat makan nasi. Mereka biasa makan nasi dengan sendok.

Selain nasi, sup dan makanan berkuah juga diambil dengan sendok. Sedangkan menu lainnya bisa diambil dengan menggunakan sumpit. Jangan mengacak-acak makanan dan kalau makanan yang kamu suka letaknya jauh, minta tolong diambilkan.

Jangan ambil makanan yang kamu tidak makan. Satu lagi, jangan meninggalkan sisa nasi atau lauk di sendok ya.

2. Jangan berisik

Saat makan, usahakan untuk tidak membenturkan sendok ke mangkok atau piring. Karena hal itu dianggap tidak sopan. Begitu juga saat mengunyah. Tutup mulut dengan rapat dan kunyahlah pelan-pelan.

Bersuara saat mengunyah adalah suatu hal yang tidak berbudaya menurut warga Korea. Ingat ya!

3. Makan dari mangkuk nasi jangan sambil dipegang

Mangkuk Korea biasanya berukuran kecil. Mangkuk biasanya digunakan untuk menempatkan nasi atau sup. Di Jepang, mungkin kita masih melihat orang memegang mangkuk nasinya dengan tangan saat makan.

Meski tujuannya agar lebih mudah disuap, namun hal ini ternyata tidak sopan kalau di Korea. Jadi, usahakan untuk makan dengan mangkuk berada tetap di meja makan.

4. Saat makan jangan melakukan pekerjaan lain

Saat makan, usahakan untuk fokus. Maksudnya, jangan memainkan ponsel atau membaca sesuatu. Membaca koran, majalah, buku, apalagi membuka ponsel sambil makan adalah hal yang tidak sopan menurut warga Korea.

Tidak disarankan untuk nonton TV selama makan. Jika ingin nonton TV, usahakan untuk menyelesaikan makan dahulu. Satu lagi, tidak boleh meninggalkan meja makan selama makan berlangsung. Kecuali keadaan terdesak ya.

5. Tutupi dengan tisu atau serbet

Jika memakan menu yang bertulang, pasti ada sisanya. Jangan tinggalkan sisa tulang begitu saja di mangkok atau piring. Namun, cari tisu atau serbet untuk membungkus tulang, agar tidak merusak pemandangan meja makan.

Jangan bersin atau batuk di depan makanan. Terakhir, jika ingin menggunakan tusuk gigi, tutuplah mulut dengan tisu atau serbet agar tidak terlihat orang lain.

6. Kembalikan sendok dan sumpit ke tempat semula, usai makan

Di Indonesia, sendok dan garpu ditaruh tertutup, sejajar atau menyilang di piring. Sedangkan di Korea, sendok dan sumpit ditaruh kembali di tempatnya seperti saat pertama kali ditaruh. Jangan lupa ya!



(shf/arradf)

FOKUS BERITA

Wisata ke Negeri K-Pop
BERITA TERKAIT
BACA JUGA