Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Des 2016 15:45 WIB

TRAVEL-TIPS

Cara Senang-senang di Tanggal Tua, Liburan di Kota Sendiri!

Shinta Angriyana
Redaksi Travel
Foto: (Rengga Sancaya/detikTravel)
Foto: (Rengga Sancaya/detikTravel)

FOKUS BERITA

Liburan Tanggal Tua
Jakarta - Saat tanggal tua, niatan traveling pun terpaksa disimpan dahulu. Padahal kita bisa bersenang-senang di kota sendiri. Simak dulu tips asyiknya berikut ini.

Traveling tidak melulu keluar kota atau luar negeri. Ternyata banyak lho yang bisa dilakukan di kota sendiri. Pastinya hemat budget, tetapi hati tetap senang.

Kali ini, detikTravel Kamis (22/12/2016) akan memberikan tips wisata apa saja di kota sendiri dengan budget yang minim:

1. Keliling kota pakai kendaraan umum

Jalan-jalan naik mobil atau motor pribadi mungkin sudah biasa traveler lakukan setiap hari. Yuk coba pakai transportasi umum yang khas dari kotamu!

Berwisata di dalam kota menggunakan kendaraan umum pastinya lebih seru dan menambah pengalaman baru. Traveler bisa melihat apa yang biasanya tidak terlihat, seperti pemandangan dan suasana yang baru. Selain menghemat biaya, naik kendaraan umum juga meminimalisir polusi udara akibat kendaraan bermotor lho.

2. Piknik ala-ala di taman kota

Hampir setiap kota besar saat ini memiliki ruang terbuka seperti taman kota yang dibuat untuk rekreasi dan melakukan aktivitas luar ruangan lainnya. Ini dapat dimanfaatkan untuk berlibur salah satunya piknik.

Membawa tikar lucu dan berbagai bekal makanan, duduk di rumput saat sore hari sembari berbincang bersama kerabat bisa jadi pilihan. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuat sampah sembarangan ya.

3. Pergi ke car free day

Di beberapa kota sudah banyak yang menerapkan Car Free Day atau hari tanpa kendaraan bermotor. Di sinilah traveler dapat menikmati jalanan yang biasanya ramai oleh kendaraan dengan berjalan kaki berkeliling kota.

Ajang Car Free Day biasanya tidak hanya ramai bagi orang yang ingin berolahraga saja. Para pedagang dari mulai makanan, pakaian hingga barang-barang unik ada disini. Tidak jarang juga menjadi tempat bertemunya komunitas seru atau orang-orang yang ingin memotret sudut kota dari sisi yang lain. Pokoknya, traveler bisa berwisata asyik di Car Free Day!

4. Wisata sejarah

Yakin sudah tahu sejarah kotamu lebih dalam? Kalau belum, berarti ini saatnya untuk cari tahu lebih banyak.

Berwisata sejarah sangat menghemat kantong. Sebagian besar hanya menarik biaya retribusi atau untuk perawatan saja, tidak untuk keuntungan komersil. Sudah murah, menambah wawasan lagi.

5. Cicip-cicip kuliner pinggir jalan

Berwisata tidak harus mengunjungi suatu tempat. Menjajal kuliner pinggir jalan juga seru!

Banyak ragam makanan yang dapat dicoba di pinggir jalan. Mulai dari kuliner lokal hingga internasional sekarang dapat ditemui. Bahkan, sekarang makanan pinggir jalan sudah ada yang memiliki tempat khusus berbentuk food court sehingga tidak perlu repot mencari tempat duduk. Jangan lupa ajak teman-teman sembari mengobrol bersama ya agar tambah seru.

6. Berkeliling naik sepeda

Cinta traveling berat di ongkos? Naik sepeda jawabannya. Traveler bisa melihat sudut-sudut kota yang tidak biasanya tidak dijangkau kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Saat ini beberapa kota juga memiliki bike tour alias tur dengan menggunakan sepeda lengkap dengan pemandu. Tarifnya juga cukup murah serta fasilitasnya sudah lengkap dengan sepeda dan perlengkapan lainnya. Plus, badan jadi tambah sehat dengan bersepeda.

7. Hunting foto sekitar kota

Kalau sudah menemukan spot-spot menarik, jangan lupa untuk mengambil foto. Ini juga bisa menjadi alternatif bagi traveler yang gemar fotografi.

Foto bangunan unik, aktivitas masyarakat atau pemandangan indah dapat menjadi pilihan hunting foto. Jangan lupa untuk menyebarkan di media sosial agar kota kamu makin dikenal orang. (aff/aff)

FOKUS BERITA

Liburan Tanggal Tua
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED
Tapal Batas

Belanja di Toko Duty Free Timor Leste

Minggu, 23 Apr 2017 12:25 WIB

Pos perbatasan di Batu Gede, Timor Leste, bisa didatangi traveler Indonesia, meskipun tanpa cap imigrasi. Di sana kita bisa belanja di toko duty free.