Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Mei 2017 14:35 WIB

TRAVEL-TIPS

6 Tips Bertualang ke Danau Ajaib Dunia

Shinta Angriyana
Redaksi Travel
Danau Labuan Cermin di Kaltim (Septi/detikTravel)
Danau Labuan Cermin di Kaltim (Septi/detikTravel)

FOKUS BERITA

Danau Ajaib Dunia
Jakarta - Beraneka danau ajaib di dunia, menarik perhatian para petualang. Mau menjelajah ke sana, mesti tahu dulu kiatnya.

Bagi sebagian orang, berwisata ke danau mungkin terbilang biasa saja. Tetapi sebenarnya jika ingin menjelajahi lebih dalam, terdapat danau-danau unik di dunia yang sayang untuk dilewatkan.

Contohnya saja di Indonesia, terdapat danau Toba yang legendaris hingga danau Tiga Warna di Tomohon. Pergi ke luar negeri, ada danau yang dapat bergerak sendiri di India sampai danau air mendidih di Republik Dominika. Semuanya memiliki keunikan tersendiri, dimana mengunjunginya pasti menjadi hal yang sangat asyik.

Tetapi, berkunjung ke danau yang ajaib tentu butuh tips yang jitu agar lebih maksimal. Maka dari itu, kali ini detikTravel Kamis (18/5/2017) akan memberikan beberapa tips traveling ke danau yang ajaib di dunia:

1. Cari informasi detailnya

Biasanya, destinasi yang memiliki keunikan mempunyai hal-hal khusus yang harus diketahui sebelum kedatangan. Maka dari itu baiknya traveler mencari informasi terlebih dahulu sebelum berkunjung.

Informasi apa? Yang paling penting adalah akses ke lokasi, gampang atau susah. Beberapa danau ajaib tersembunyi di dalam hutan. Danau ajaib lainnya malah ada di pinggir jalan.

Kalau keluar negeri, berarti ada tambahan informasi yang harus diketahui soal paspor, visa, mata uang, bahasa yang harus dipikirkan di tempat danau ajaib itu berada. Jadi lebih banyak info yang harus dikumpulkan.

Kemudian carilah info cara menuju ke sana dan akomodasi di lokasi. Prioritaskan dulu danau ajaib yang paling gampang didatangi dari tempat kamu berada sekarang.

Carilah info di situs-situs traveling atau blog. Traveler juga dapat bertanya kepada orang lain yang sebelumnya sudah pernah berkunjung agar lebih personal dan detail. Jangan lupa cek di detikTravel, karena artikel seputar traveling lengkap ada di sini.

2. Pakai baju yang sesuai dan peralatan memadai

Wisata ke danau ajaib, pada dasarnya adalah wisata ke alam bebas dan terpapar matahari. Maka dari itu, bawalah perlatan yang dapat melindungi traveler dari sinar matahari seperti topi dan kacamata.

Ingat! Jangan lupa membawa tanpa tabir surya untuk menahan paparan matahari. Pakai juga baju yang menyerap keringat kalau tempatnya panas atau jaket kalau tempatnya dingin.

Sepatu treking jangan lupa karena kita pasti menjelajah alam. Upayakan yang menutup mata kaki untuk mengurangi risiko keseleo.

3. Bawa kamera

Saat traveling, sudah wajib hukumnya untuk membawa kamera agar momen dapat diabadikan dengan baik. Masa rela melewatkan momen-momen seru?

Apalagi jika pergi ke danau yang memiliki keajaiban. Sudah pasti harus memiliki bukti nyatanya agar kenangannya dapat disimpan dalam bentuk nyata. Jangan lupa bagikan ke sosial media yang traveler punya ya!

4. Gunakan jasa tour guide

Biasanya, banyak orang yang mengabaikan pemandu wisata atau tour guide saat berkunjung ke destinasi tertentu. Tetapi sebenarnya ada beberapa keuntungan yang bisa didapat lho.

Apalagi destinasi yang dituju merupakan tempat wisata menarik dan berbeda dari lainnya seperti danau ajaib. Kalau tempatnya asing, baru atau belum banyak dieksplorasi, membawa pemandu akan sangat membantu.

Pemandu wisata biasanya tahu jalan yang aman. Mereka juga dapat memberikan keterangan yang lebih jelas bahkan cerita-cerita menarik yang jarang didapat dalam brosur atau review di internet.

5. Perhatikan prediksi cuaca

Penting, jika ingin pergi ke destinasi wisata alam, baiknya perhatikan prediksi cuaca lokasi yang akan di tuju. Ini akan berpengaruh kepada keberlangsungan saat berlibur ke sana.

Selain itu traveler dapat mengkondisikan dengan perlatan-perlatan yang dibawa nantinya. Apabila tidak, akan susah sendiri. Jangan sampai keseruan berkunjung ke danau ajaib malah buyar dan gagal hanya karena kondisi cuaca tidak pas atau buruk.

6. Jangan merusak dan buang sampah

Namanya juga bertualang ke danau ajaib, masa sih masih tega buang sampah sembarangan dan melakukan vandalisme? Jangan sampai kita merusak alam yang ada entah itu corat-coret atau iseng mematahkan pohon atau membuag sesuatu ke danau.

Bawa pulang semua sampah yang kamu bawa, jangan sampai lupa. Nikmatilah suasananya. Kalau mau, rekam semua keindahannya lewat kamera saja.

Jangan sampai danau ajaib yang kita datangi, hilang pesonanya karena ulah yang tidak bertanggung jawab. Ayo kita jaga sama-sama kelestariannya.

(rdy/fay)

FOKUS BERITA

Danau Ajaib Dunia
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED