Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Jun 2017 18:35 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Packing Oleh-oleh dari Kampung Halaman

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)

FOKUS BERITA

Saatnya Pulang Kampung
Jakarta - Setelah mudik ke kampung halaman, tentunya traveler akan kembali dengan segudang oleh-oleh. Kamu mesti tahu tips packingnya, supaya tidak kerepotan.

Ketika membawa pulang oleh-oleh dari kampung halaman, tak jarang oleh-oleh memenuhi isi koper atau mobil hingga membengkak. Malah untuk beberapa oleh-oleh yang rapuh, bisa saja pecah atau rusak di jalan.

Dihimpun detikTravel, Kamis (22/6/2017), sebelum hal itu terjadi ada baiknya traveler mengetahui sejumlah tips packing oleh-oleh ini:

BACA JUGA: Tempat Berburu Oleh-oleh Serba Durian di Pekanbaru

1. Bikin daftar belanja

Saat beli oleh-oleh di kampung halaman, tak jarang traveler jadi gelap mata dan berakhir dengan berbagai barang yang terkadang tidak dibutuhkan. Daripada mubazir, sebaiknya kamu bikin list belanjaan dulu.

Jadi sebelum mulai belanja, pastikan kamu sudah membuat list perihal oleh-oleh yang mau dibeli. Kalau sudah punya list, kamu tinggal berkeliling untuk mencari oleh-oleh yang ada dalam daftar. Lebih cepat, hemat waktu dan efisien.

2. Dibungkus yang benar

Saat membawa oleh-oleh pulang, kamu tentu harus memperhatikan isi hingga kemasannya. Salah-salah atau tidak hati-hati, bisa saja oleh-oleh yang dibawa malah hancur. Berabe!

Untuk oleh-oleh tertentu berbahan kaca atau rapuh seperti telur asin, pastikan pihak penjual atau kamu sudah membungkusnya dengan rapi. Gunakan koran bekas atau karton untuk menahan guncangan dan bungkus beberapa kali agar oleh-oleh kamu tetap aman.

Selain koran bekas, kamu juga bisa menggunakan bahan kain atau baju bekas untuk pengamanan ekstra. Intinya, barang pecah belah atau gampang bocor harus dikemas sedemikian rupa.

BACA JUGA: 5 Tempat Belanja Oleh-oleh Paling Oke di Cirebon

3. Jangan sampai bikin overweight

Buat kamu yang mudik dengan pesawat, berat koper dan oleh-oleh menjadi hal yang sangat penting. Pastinya nggak mau kan, kalau oleh-oleh kamu harus dibuang gara-gara koper kelebihan berat atau overweight.

Cara terbaik, pastikan kamu mengetahui berat koper dan oleh-oleh kamu lebih dulu sebelum naik pesawat. Usahakan agar oleh-oleh dapat masuk ke koper sesuai ukurannya.

Untuk yang membawa oleh-oleh dengan kardus, pastikan juga beratnya tidak melebihi ketentuan maskapai. Kalau lebih, siap-siap saja untuk membayar lebih untuk bagasi. Amannya sih kamu timbang dulu beratnya sebelum check-in.

4. Usahakan pakai kardus

Umumnya sejumlah toko oleh-oleh besar sudah menyediakan jasa bungkus oleh-oleh dengan kardus, baik yang berukuran besar atau kecil. Ada baiknya traveler memanfaatkan jasa tersebut.

Daripada bingung-bingung membawa oleh-oleh, tentunya membungkus semuanya dalam satu kardus bisa jadi solusi terbaik. Selain lebih aman dan muat banyak, kardus juga lebih mudah dibawa pulang.

Itulah beberapa tips packing oleh-oleh mudik dari detikTravel. Selamat mudik dan pastikan oleh-oleh kamu bisa dibawa pulang dengan aman tanpa kekurangan apa pun. (rdy/fay)

FOKUS BERITA

Saatnya Pulang Kampung
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Jepang

Foto: Kemilau Kuil Emas di Jepang

Senin, 25 Sep 2017 22:50 WIB

Liburan ke Jepang, traveler harus menyambangi Kota Kyoto. Di kota ini, kamu bisa melihat kemilau kuil Kinkakuji yang berlapiskan emas. Indah tak ada duanya.